Diplomasi publik dan citra Brasil yang menakjubkan : studi kasus Olimpiade Rio 2016

Show simple item record

dc.contributor.advisor Indraswari, Ratih
dc.contributor.author Tranggono, Christ Moudy Eka Diany
dc.date.accessioned 2021-07-29T06:31:37Z
dc.date.available 2021-07-29T06:31:37Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40142
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11904
dc.description 9471 - FISIP en_US
dc.description.abstract Sport mega-events kerap kali dirumuskan sebagai salah satu strategi atau upaya berdiplomasi publik bagi negara terlibat, terutama negara yang menjadi tuan rumah dalam membentuk citra negara yang positif. Brasil merupakan salah satu negara yang memanfaatkan kesempatan sebagai tuan rumah Olimpiade Rio 2016 untuk mencapai kepentingan nasionalnya. Meski begitu, pada prosesnya justru terdapat sejumlah kontroversi, seperti adanya skandal korupsi ‘Operation Car Wash’ oleh pemerintah di masa kepemimpinan Presiden Lula da Silva dan Presiden Dilma Rousseff, serta epidemi virus Zika yang pertama kali dilaporkan di Brasil. Baik unjuk rasa masyarakat domestik maupun petisi ahli kesehatan internasional, keduanya mengecam dan menuntut pembatalan pelaksanaan olimpiade. Pun kedua kasus tersebut dapat menjadi kendala dalam pembentukan citra negara Brasil. Penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan “Bagaimana upaya diplomasi publik yang dilakukan pemerintah Brasil untuk membentuk citra negara yang menakjubkan pada rangkaian penyelenggaraan Olimpiade Rio 2016?” dengan dibatasi pada Rio de Janeiro dan pemerintah Brasil pada tahun 2014-2018. Analisis penelitian ini menggunakan kerangka pemikiran yang diperkenalkan oleh Nicholas J. Cull, yakni Taksonomi Diplomasi Publik yang terdiri dari: Listening, Advocacy, Culture Diplomacy, Exchange Diplomacy dan International Broadcasting. Meski begitu, pemahaman tetap didasarkan pada pandangan “Diplomasi Publik dan Nation Branding adalah Dua Konsep yang Sama,” sehingga diyakini pula terdapat korelasi dengan Proses Pembentukan Citra Negara yang melibatkan Nation’s Identity, Nation Branding dan Nation’s Image oleh Ying Fan. Melalui penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa rangkaian pelaksanaan Olimpiade Rio 2016 dimanfaatkan oleh pemerintah Brasil dalam menciptakan citra sebagai negara yang menakjubkan. Maksud dari negara yang menakjubkan turut meliputi dan memiliki efek domino dengan berbagai aspek lainnya, misalnya keamanan, kesehatan, keindahan, dll. Citra negara merupakan suatu produk yang dalam proses pembentukanya dipengaruhi oleh negara dan upayanya, serta masyarakat dan pandangan atau opininya terhadap negara tersebut. Kehadiran publik dalam pembentukan citra negara terbukti membawa dampak positif dan negatif bagi negara, yakni dapat menjadi perpanjangan-tangan dan supervisor atau ‘pengawas’ bagi pemerintah pula. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Taksonomi Diplomasi Publik en_US
dc.subject Nation Branding en_US
dc.subject Citra Negara en_US
dc.subject Brasil en_US
dc.subject Olimpiade Rio 2016 en_US
dc.title Diplomasi publik dan citra Brasil yang menakjubkan : studi kasus Olimpiade Rio 2016 en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016330223
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0405068602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account