Abstract:
Masalah Penelitian – Pada sekarang ini, banyak perusahaan mobil dari negara lain yang membuka pabriknya dan meningkatkan kapasitas produksi di Indonesia. Berbagai merek asing pun memasuki pasar otomotif di Indonesia. Salah satunya adalah Sokonindo Automobile (DFSK). Pertengahan tahun 2017, DFSK memproduksi mobil SUVnya yaitu Glory 580 dan Glory 560. DFSK memiliki target penjualan sebanyak 12.000 unit. Namun, target tersebut belum tercapai, DFSK baru menjual sebanyak 1.266 unit untuk Glory. DFSK Glory sendiri belum banyak terlihat di jalan – jalan.
Tujuan - Citra merek dapat disebut sebagai sebuah persepsi yang dibangun oleh konsumen melalui pengalaman serta karakter dari produk yang pernah dilihat ataupun dirasakan. Sedangkan niat beli adalah sebuah perilaku di mana konsumen mempunyai keinginan dalam membeli atau memilih suatu produk berdasarkan pengalaman dalam memilih, menggunakan, dan mengkonsumsi atau bahkan mengingat suatu produk. Maka dari itu, Penulis ingin menganalisa citra merek serta niat beli dari DFSK Glory.
Metode Penelitian - Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksploratif. Data didapatkan melalui 2 metode yaitu observasi dan wawancara dengan responden yaitu orang yang memiliki mobil dengan kisaran harga 200 juta – 350 juta rupiah dan menggunakannya untuk sehari – hari.
Hasil Penelitian - Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan dari wawancara harapan mengenai citra merek DFSK dengan kinerja citra merek DFSK. Ada beberapa hal yang menurut responden kurang penting tetapi dilakukan oleh DFSK, sedangkan hal yang penting menurut responden tidak dilakukan oleh DFSK.