Pengaruh persepsi konsumen atas sales promotion dan perceived usefulness terhadap niat untuk menggunakan aplikasi LinkAja

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prasetya, Ivan
dc.contributor.author Sisilia, Brigitta
dc.date.accessioned 2021-07-28T07:32:38Z
dc.date.available 2021-07-28T07:32:38Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40263
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11858
dc.description 24087 - FE en_US
dc.description.abstract Pendahuluan – saat ini, perkembangan teknologi semakin terasa. Banyak inovasi baru yang muncul dan mempermudah kehidupan manusia. Salah satu contoh inovasi yang muncul adalah industri pembayaran digital. Di Indonesia sendiri, layanan pembayaran digital kini tengah meningkat popularitasnya dan sedang menjadi tren di kalangan masyarakat. Banyak aplikasi pembayaran digital yang muncul, salah satunya adalah aplikasi LinkAja. Namun, karena banyaknya aplikasi sejenis maka muncul persaingan antar aplikasi untuk mendapatkan penggunanya. Berbagai promosi penjualan (sales promotion) dapat kita lihat di berbagai merchant dan setiap aplikasi menawarkan berbagai manfaat/kegunaannya untuk mendapatkan niat konsumen untuk menggunakan aplikasi tersebut. Dalam hal ini, aplikasi LinkAja masih kurang dalam memberikan promosi penjualannya dan manfaat dari aplikasi ini masih kurang dirasakan bagi konsumen sehingga niat menggunakan aplikasi ini pun tidak sebanyak aplikasi pesaingnya terutama OVO dan GoPay. Tujuan – tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi konsumen atas promosi penjualan dan manfaat yang diberikan aplikasi LinkAja serta mengetahui pengaruh promosi penjualan dan manfaat terhadap niat menggunakan aplikasi LinkAja. Metode Penelitian – penelitian ini menggunakan angket dan hasil yang didapatkan sebanyak 154 responden dari masyarakat Bandung yang menggunakan e-wallet. Penelitian ini menggunakan Multiple Linear Regression untuk mengetahui pengaruh variabel independen (sales promotion dan perceived usefulness) terhadap variabel dependen (niat menggunakan) dan menggunakan metode One Way Anova untuk mengetahui perbedaan aplikasi LinkAja, OVO, dan GoPay Temuan – hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kedua variabel independen tersebut (sales promotion dan perceived usefulness) memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap variabel dependen (niat menggunakan). Terdapat pula perbedaan rata-rata yang signifikan antara sales promotion, perceived usefulness, dan niat menggunakan aplikasi LinkAja dengan aplikasi OVO dan GoPay. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject LinkAja en_US
dc.subject OVO en_US
dc.subject GoPay en_US
dc.subject sales promotion en_US
dc.subject perceived usefulness en_US
dc.subject behavioral intenti en_US
dc.title Pengaruh persepsi konsumen atas sales promotion dan perceived usefulness terhadap niat untuk menggunakan aplikasi LinkAja en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016120026
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406088506
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account