Abstract:
Niat rekomendasi dinilai memiliki peran yang sangat penting dalam mempengaruhi persepsi orang lain terhadap suatu produk maupun jasa. Niat rekomendasi pun dirasa penting dalam mengukur sejauh mana loyalitas konsumen terhadap perusahaan. Hal ini pun berlaku bagi salah satu kampus yang terletak di Bandung, yakni Universitas Katolik Parahyangan.
Pada penelitian ini peneliti ingin mengetahui bagaimana niat rekomendasi mahasiswa Universitas Katolik Parahyangan dan pada penelitian awal didapat 18 dari 20 mahasiswa manajemen Universitas Katolik Parahyangan yang memilih pasti tidak merekomendasikan dikarenakan kualitas pelayanan yang diberikan oleh Universitas Katolik Parahyangan belum maksimal.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pengambilan sampel menggunakan judgement sampling sebanyak 100 orang mahasiswa manajemen angkatan 2015 yang berkuliah di Universitas Katolik Parahyangan.
Dari hasil analisis data yang dilakukan dapat diketahui jika kualitas pelayanan dapat mempengaruhi niat rekomendasi. Pada penelitian ini ditemukan 3 dimensi yang berpengaruh secara signifikan terhadap niat rekomendasi yaitu, dimensi tangibility, reliability, dan responsiveness.