dc.description.abstract |
Persaingan pada industri kue dan kukis mengalami peningkatan selama tahun 2019 yang didalamnya dikuasai oleh pengusaha dengan skala bisnis kecil. PIPINOS merupakan bisnis berskala kecil yang bergerak pada penjualan kue dan kukis. Didirikan pada tahun 2018 lewat media sosial instagram dan telah membuka toko fisik pada tahun 2019. Dalam persaingan yang ketat pada industri ini dibutuhkan strategi yang tepat untuk mendukung pertumbuhan perusahaan.
Jenis Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif analitif dengan penggunaan metode penelitian berupa studi kasus pada kegiatan bisnis perusahaan. Penelitian dilakukan dengan menganalisis lingkungan eksternal dan internal dari perusahaan. lingkungan eksternal dianalisis dengan menggunakan porter 5 forces sedangkan lingkungan internal di analisis lewat fungsi opersional, fungsi pemasaran, Fungsi keuangan, dan fungsi Sumber daya manusia dari perusahaan. Analisis eksternal dan internal kemudian dipadukan kedalam analisis SWOT matriks untuk merumuskan strategi alternatif dari pada kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman perusahaan.
Hasil temuan penelitian menunjukan bahwa strategi bersaing yang selama ini diterapkan oleh perusahaan adalah strategi bersaing fokus diferensiasi. Fokus dengan menyasar kelas menengah ke atas dengan rentang umur 25 tahun sampai 30 tahun yang sudah nerpenghasilan. Diferensiasi lewat kualitas, harga, dan variasi pada produk Dalam mempersiapkan perusahaan dalam pembukaan cabang barunya, strategi yang direkomendasikan adalah Broad diferensiasi strategy dengan pertimbangan akan perluasan pasar dan varian produk yang lebih banyak. |
en_US |