Abstract:
Perkembangan teknologi digital dan globalisasi yang modern saat ini membawa kita semua ke zaman yang serba canggih. Pemanfaatan dari perkembangan yang sering sekali digunakan yaitu teknologi informasi, salah satunya media sosial. Di zaman ini, penggunaan media sosial terus berkembang dan hal tersebut disadari oleh banyak pelaku bisnis. Artch Merupakan brand yang berfokus memproduksi tas, aksesoris dan juga pakaian yang melakukan pemasarannya melalui media sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana bentuk social media marketing Artch dan ada atau tidaknya pengaruh media sosial terhadap brand awareness konsumen Artch dan seberapa besar pengaruh yang diberikan oleh media sosial terhadap brand awareness konsumen Artch. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksplanatori dengan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara kepada pihak Artch, observasi dari konsumen Artch, dan penyebaran kuisioner yang disebar kepada 100 responden. Data yang didapatkan kemudian diolah menggunakan analisis regresi linier menggunakan SPSS 22.0. Berdasarkan analisis data yang dilakukan, hasil penelitian menunjukkan bahwa social media marketing memiliki pengaruh yang signifikan positif terhadap brand awareness konsumen Arcth dengan kontribusi pengaruh sebesar 72,6% sedangkan 27,4% sisanya adalah kontribusi variabel lain yang tidak diteliti. Analisis lebih mendalam diperoleh bahwa dimensi media sosial yang signifikan terhadap brand awareness hanya dimensi longevity dan reach. Maka dimensi longevity dan reach Artch perlu meningkatkan performanya karena kedua dimensi tersebut memiliki pengaruh signifikan terhadap brand awarenes.