Abstract:
Berbelanja online telah menjadi pilihan karena menawarkan kenyamanan dalam berbelanja. Hanya perlu klik untuk membandingkan satu toko dengan toko lainnya, selain itu orang dapat mengunjungi toko kapan saja. Sama seperti toko konvensional, toko online juga dapat menarik perhatian dengan memberikan cues menarik yang dapat membuat konsumen membeli barang secara impulsif.
Shopee, salah satu pemimpin pasar di Indonesia yang telah memfasilitasi toko online yang berada di bawah manajemennya serta konsumennya untuk mendapatkan penawaran yang menarik. Ketika konsumen menikmati aktivitas mengunjungi toko-toko di Shopee, maka pesanan diharapkan akan dilakukan. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah marketing cues yang disampaikan oleh Shopee memengaruhi impulse buying.
Penelitian ini menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden yang merupakan konsumen Shopee di Bandung. Marketing cues difokuskan pada external cues, yang diukur dengan dimensi ide, promosi, saran, dan penjualan. Variabel impulse buying diukur oleh 7 dimensi, yaitu desakan untuk berbelanja, emosi positif, melihat-lihat toko, kesenangan berbelanja, ketersediaan waktu, ketersediaan uang, dan kecenderungan pembelian impulsif.
Hasil dari uji menunjukkan pengaruh external cues dari responden Bandung berada di lingkup baik. Nilai korelasi antara external cues dan impulse buying kuat di 0,704. External cues mempengaruhi impulse buying sebesar 49,5%. Nilai koefisien regresi linier menunjukkan hasil positif, sehingga jika external cues meningkat, impulse buying juga akan meningkat. Dalam external cues, saran adalah dimensi skor terbaik. Sementara dalam impulse buying, emosi positif dianggap sebagai dimensi terbaik. Hasil uji hipotesis menyatakan bahwa penelitian ini dapat diterima karena menunjukkan pengaruh external cues pada impulse buying.
Berdasarkan temuan, Shopee disarankan untuk meningkatkan tampilan situs web atau aplikasi mereka, sehingga konsumen akan tertarik untuk membeli lebih dari satu item.