Abstract:
Sumber daya manusia yang unggul, terutama di bidang pemasaran adalah sebuah landasan fundamental yang penting untuk perkembangan sebuah perusahaan. Berdasarkan alasan tersebut, maka penelitian ini dibuat dengan sistem pemetaan berdasarkan kemampuan dasar setiap individu di dalam divisi sales & marketing di Hotel Bale Ocasa.
Pengembangan sistem penilaian kinerja pada penelitian ini akan menggunakan teori human resource information sistem. Yang merupakan gabungan dari teori human resource analytic sebagai landasan perhitungan penilaian kinerja, serta teori sistem information yang digunakan untuk merancang sistem ini.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif analitik. Sehingga dapat menggambarkan keadaan objek penelitian saat ini sehingga hasil penelitian dapat difokuskan untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi.
Hasil penelitian menghasilkan rancangan sistem penilaian kinerja divisi pemasaran untuk membantu divisi SDM dalam melakukan penilaian terhadap staf pemasaran. Dengan rancangan sistem ini, maka diharapkan dapat membantu pihak hotel membuat sistem penilaian yang terstandarisasi dan objektif sesuai dengan hasil kerja staf pemasaran.