Abstract:
Koorii Cafe merupakan salah satu Coffee Shop yang berdiri di Jalan Buah Batu no. 112, Kota Bandung dengan pendirinya yang bernama Bapak Henry. Koorii Cafe merupakan salah satu Coffee Shop yang menyediakan fasilitas Self Service untuk menekan harga produk. Tujuan Pemilik Koorii Cafe mengijinkan Koorii Cafe untuk menjadi Objek penelitian adalah untuk mendapatkan pembaharuan data-data riset pasar mengenai kondisi eksternal dalam industri Coffee Shop, sehingga kondisi eksternal tersebut dapat dianalisis untuk menjadi strategi bersaing yang baru.
Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Analitis dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terstruktur, survey atau angket, serta observasi. Data di analisis menggunakan analisis internal perusahaan yaitu melalui 4 fungsi bisnis. Analisis eksternal menggunakan Porter’s Five Forces. Setelah itu hasil analisis eksternal dan internal perusahaan dibandingkan dengan menggunakan matriks SWOT. Metode studi kasus merupakan metode yang mempelajari mengenai keadaan objek penelitian.
Setelah dilakukan penelitian kepada Koorii Cafe maka dapat diketahui bahwa Koorii Cafe dapat melakukan strategi Low Cost Leadership. Hal ini dapat dilakukan melalui beberapa hal, yaitu dengan cara menekan harga yang akan ditawarkan kepada para konsumen Koorii Cafe itu sendiri, memperbanyak kuantitas pembelian yang dapat dilakukan oleh para konsumen, dan mempersiapkan aksi-aksi perusahaan yang dapat dilakukan dalam rangka menghadapi situasi new normal dalam masa pandemi Covid-19 yang sedang terjadi pada saat ini.