Analisis strategi bersaing Cinderakata

Show simple item record

dc.contributor.advisor Jane, Orpha
dc.contributor.author Wicaksono, Ignatius Bayu
dc.date.accessioned 2021-07-22T03:44:00Z
dc.date.available 2021-07-22T03:44:00Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40000
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11748
dc.description 9330 - FISIP en_US
dc.description.abstract Perubahan zaman membuat sebuah industri untuk bisa beradaptasi agar tidak ketinggalan zaman dan tetap diminati oleh para konsumennya. Perubahan zaman juga membawa dampak bagi perkembangan industri, salah satu industri yang sedang mengalami peningkatan yaitu industri tekstil dan pakaian jadi. Pertumbuhan ekonomi menjadi salah satu faktor penyebab berkembangnya industri tekstil dan pakaian jadi. Salah satu industri tekstil dan pakaian jadi yang bergerak di bidang perusahaan pakaian jadi adalah Cinderakata. Banyaknya muncul pesaing-pesaing baru yang bergerak di bidang yang sama membuat persaingan pasar menjadi ketat. Cinderakata memiliki ciri khas yaitu dari segi desain kata gambar yang memiliki makna yang dalam dan membuatnya berbeda dari para pesaing yang ada. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi apa yang digunakaan oleh perusahaan, melihat efektivitas strategi yang telah digunakan oleh perusahan selama ini, dan rancangan strategi perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif analitis dengan menggunakan metode penelitian studi kasus, yang dimana berfokus untuk melakukan analisis proses bisnis yang terjadi di Cinderakata. Penelitian ini juga melihat bagaimana pencapaian target pasar dan tujuan perusahaan yang sudah ditetapkan sebelumnya. Dalam menganalisa data menggunakan analisis lingkungan internal perusahaan yaitu fungsi bisnis yang terdiri dari operasional, sumber daya manusia, keuangan dan pemasaran. Selain itu digunakan analisis lingkungan eksternal berupa analisis PESTLE dan analisis Porter’s 5 Forces yang kemudian dipadukan untuk bisa merumuskan kelebihan, kekurangan, peluang, dan ancaman (SWOT). Penelitian ini menunjukkan bahwa Cinderakata menggunakan strategi differensiasi dalam menjalankan bisnisnya. Cinderakata mengutamakan desain kata dan gambar yang memiliki arti dan makna yang dalam. Selain itu strategi differensiasi yang digunakan perusahaan bisa dikatakan efektif, hal ini ditunjukkan dengan tercapainya target pasar dan tujuan perusahaan. Kemudian untuk mempersiapakan persaingan yang semakin ketat, strategi yang direkomendasikan adalah broad differentiation strategy. Strategi ini direkomendasikan agar pasar dari Cinderakata semakin luas dan brand awarenessnya semakin tinggi. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject strategi en_US
dc.subject strategi differensiasi en_US
dc.subject efektivitas en_US
dc.title Analisis strategi bersaing Cinderakata en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320087
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0406107001
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account