Abstract:
Salah satu industri yang tidak lepas dari keseharian manusia adalah industri makanan dan minuman, dengan pangan yang menjadi kebutuhan dasar manusia, menjadikan industri makanan dan minuman memiliki potensi yang cukup menjanjikan.
Aktivitas social media marketing melalui Instagram merupakan salah satu bentuk komunikasi dan promosi yang digunakan oleh Yourgood untuk meningkatkan brand consciousness konsumen untuk datang dan mengunjungi kembali Yourgood. Dengan begitu brand consciousness dan brand loyalty pelanggan dapat meningkat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel social media marketing dan brand consciousness berpengaruh terhadap brand loyalty pelanggan kafe Yourgood Kota Bandung.
Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan jenis penelitian yang digunakan yaitu explanatory research. Peneliti terlebih dahulu menguji data dari 30 responden. Hasil pernyataan-pernyataan valid dan peneliti kemudian kembali mengambil sampel sebanyak 162 responden. Hasil dari pengumpulan data tersebut akan diuji menggunakan beberapa macam pengujian, yakni uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier sederhana, uji hipotesis.
Hasil dari penelitian ini menunjukan aktivitas social media marketing melalui Instagram, brand consciousness, dan brand loyalty pada kafe Yourgood berada pada tingkatan kategori setuju. Hasil penelitian juga mengungkapkan terdapat pengaruh signifikan antara social media marketing dan brand consciousness, social media marketing dan brand loyalty, dan brand consciousness dan brand loyalty.