Abstract:
Kesehatan tubuh seseorang merupakan hal yang penting karena jika kita sakit maka kita tidak dapat beraktivitas dengan baik untuk mengobatinya kita dapat mengunjungi Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik. Keterbatasan akan Rumah Sakit dan Puskesmas yang sedikit khususnya di Kabupaten-Kabupaten di Indonesia membuat klinik menjadi salah satu solusi masyarakat maka CV. Jasa Manggis membuat sebuah lini usaha yaitu klinik jasa kesehatan “Rumah Sehat Manggis” yang didalamnya merupakan perpaduan dari jasa pijat, kesehatan dan klinik itu sendiri. Konsep yang ditawarkan Rumah Sehat Manggis sangat berbeda dengan jasa pijat lainnya yang kebanyakan menawarkan jasa pijat hanya untuk hiburan dan relaksasi semata tanpa mementingkan kesehatan konsumennya.
Oleh karena itu, melalui penelitian ini, peneliti ingin mengetahui strategi diferensiasi yang telah diterapkan oleh Klinik Rumah Sehat Manggis selama ini, serta akan dianalisis kembali strategi bersaing tersebut melalui analisis internal dan eksternal. Kemudian akan dievaluasi jika strategi tersebut masih efektif maka akan terus dijalankan dengan beberapa catatan tetapi jika belum efektif maka akan diberikan rekomendasi strategi bersaing baru untuk perusahaan di masa yang akan datang. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif analitis dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode penelitian studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara terstruktur, observasi dan studi dokumen. Data kemudian akan dianalisis menggunakan analisis internal yaitu Rantai Nilai. Adapun analisis eksternal menggunakan PESTEL, dan Porter’s Five Forces.
Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi diferensiasi yang digunakan oleh Klinik Rumah Sehat Manggis selama ini, terlalu fokus kepada penerapan diferensiasi keluar perusahan saja tetapi tidak kedalam perusahaan dengan membuat pengelolaan management yang cenderung sama dengan para kompetitor lainnya. Sementara itu, untuk strategi yang akan datang berdasarkan analisis dan SWOT matriks, peneliti menyarankan Focused Differentiation Strategy agar lebih fokus kepada pelayanan sehingga semakin banyak orang dewasa sadar akan pentingnya kesehatan tubuh diri sendiri. Sehingga melalui Focused Differentiation Strategy ini perusahaan dapat memperkuat posisinya dalam persaingan di bidang industri khususnya jasa pijat kesehatan.