Abstract:
Perkembangan ekonomi dalam UKM selalu meningkat seperti di kota Bandung
yang menyebabkan setiap usaha saling menunjukan keunggulannya dari segi
produk atau strategi yang dilakukan. Terjadinya persaingan usaha sangatlah wajar
saat melakukan usaha akan tetapi persaingan harus dilakukan secara sehat dengan
cara mengembangkan produk atau metode usaha, strategi penjulan yang menarik,
atau mengambil peluang usaha yang menguntungkan. Maka dalam meningkatkan
kinerja usaha, orientasi kewirausahaan dapat dilakukan oleh UKM. Untuk
mengetahui tingkat orientasi kewirausahaan maka penelitian ini dilakukan untuk
mengetahui skala orientasi kewirausahaan UKM di kota Bandung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian analisis deskriptif. Penelitian ini
menggunakan Teknik pengumpulan data berbentuk kuesioner dan observasi.
Kuesioner dilakukan untuk mendapatkan 100 responden UKM di kota Bandung,
dengan tujuan mengetahui tingkat penerapan orientasi kewirausahaan yang
dijalankan UKM dengan mengunakan dimensi inovasi, proaktif, dan pengambilan
risiko.
Dari hasil penelitian pada UKM di kota Bandung didapatkan pelaksanaan
orientasi kewirausahaan memiliki skala yang tinggi sebesar 54%, skala sedang
33%, dan skala rendah 13%. Saran untuk UKM di Kota Bandung agar dapat
menerapkan orientasi kewirausahan lebih baik dengan cara menerapkan peran dari
inovasi pada produk dan proses, proaktif pada pencarian peluang usaha, dan
pengambilan risiko pada strategi.