Abstract:
Persaingan usaha pada Café Titik Sendja di Kota Bandung mempunyai potensi untuk berkembang sesuai dengan tren yang ada saat ini, tetapi harus diperhatikan beberapa desain interior, eksterior, fasilitas, serta sumber daya manusia yang terdapat pada Café ini apakah mendukung atau tidak terutama di dalam hal inovasi yang didapat dari perubahan dari input menjadi output atau dapat menciptakan perubahan besar di dalam hubungan antara nilai guna dan harga yang ingin ditawarkan kepada konsumen ataupun calon konsumen yang ada di lingkungan ini.
Peneliti akan menggunakan jenis penelitian deksriptif analitis dengan metode penelitian studi kasus dengan mengambil masalah ataupun memusatkan perhatian terhadap suatu masalah saat dilakukannya penelitian dari hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk mengambil kesimpulannya. Data di atas menunjukan objek penelitian yang diteliti melalui wawancara dan pengamatan / observasi. Data yang dianalisis ini menggunakan pendekatan Rantai Nilai inovasi dan Radar Inovasi Bisnis.
Hasil penelitian ini berupa inovasi yang dilakukan kepada Café Titik Sendja dan akan terwujud pada akhir bulan 2020 ini dengan harapan akan menjadikan suatu inovasi yang efektif di dalam menekankan tingkat aktivitas rantai nilai inovasi, pengendalian ide, pengembangan ide, serta penyebaran ide kepada pihak di dalam dan pihak luar perusahaan dalam bentuk perwujudan factor yang ada pada dimensi radar inovasi bisnis serta proses perusahaan di dalam mendapatkan ide dan jaringan antar pihak eksternal yaitu inovasi penambahan wifi, pendingin ruangan, dan fentilasi udara.