dc.description.abstract |
Saat ini tingkat persaingan antara berbagai jenis perusahaan meningkat setiap tahunnya,
termasuk dalam perusahaan jasa. Seiring dengan pertumbuhan ekonomi yang meningkat
terjadi juga peningkatan jumlah perusahaan yang ada, khususnya pada perusahaan di bidang
jasa hiburan karaoke. Terdapat beberapa faktor yang diperlukan agar perusahaan dapat
bersaing dalam lingkungan bisnis sekarang ini, salah satunya adalah dengan memiliki
pengendalian internal yang memadai. Siklus penjualan memiliki peran penting untuk
perusahaan agar perusahaan dapat terus berjalan dan menghasilkan keuntungan. Oleh karena
itu siklus penjualan harus memiliki pengendalian internal yang baik serta dijalankan dengan
efektif.
COSO’s internal control merupakan kerangka yang dapat digunakan
perusahaan sebagai pedoman untuk memiliki pengendalian internal yang baik. Pengendalian
internal perusahaan yang sesuai dengan COSO’s internal control dapat meningkatkan
efektivitas perusahaan dalam mencapai tujuan. COSO’s internal control memiliki lima
komponen, yaitu control environment, risk assessment, control activity, information and
communication, dan monitoring.
Peneliti menggunakan hypotethico deductive method dengan menggunakan
data primer dan data sekunder yang berkaitan dengan pengendalian internal perusahaan pada
siklus penjualan untuk kemudian dikumpulkan dan dianalisis untuk ditarik kesimpulannya.
Data primer yang digunakan adalah data hasil wawancara dengan general manager dan
observasi. Sedangkan data sekunder yang digunakan adalah data SOP, struktur organisasi,
dan data mengenai siklus penjualan perusahaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan
adalah studi lapangan dan studi kepustakaan. Variabel yang digunakan dalam penelitian
adalah variabel independen (internal control) dan variabel dependen (efektivitas siklus
penjualan). Objek penelitian dalam penelitian ini, adalah peran internal control dalam rangka
meningkatkan efektivitas siklus penjualan. Perusahaan yang dijadikan unit penelitian oleh
peneliti adalah CV. Surya Sakura Jaya di Bandung.
Berdasarkan hasil penelitian, CV Surya Sakura Jaya sudah memiliki
prosedur penjualan yang cukup baik. CV Surya Sakura Jaya juga sudah memiliki
pengendalian internal dan penerapan beberapa komponen pengendalian internalnya sudah
sesuai dengan teori, namun masih terdapat kekurangan pada beberapa komponen
pengendalian internal. Pengendalian internal yang memadai dapat menghindari terjadinya
risiko sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan yang telah direncanakan. Berdasarkan
hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap siklus penjualan CV Surya Sakura Jaya,
peneliti menyarankan perusahaan untuk mencantumkan komponen kode room karaoke, dan
kode makanan atau minuman pada dokumen sales order. Kemudian peneliti menyarankan
adanya pencatatan bagi food and beverage mengenai jumlah makanan atau minuman yang
diantarkan ke konsumen untuk mencegah terjadinya pencurian. Selanjutnya, sebaiknya
perusahaan menambahkan komponen metode pembayaran, kode room karaoke, kode
makanan atau minuman, nomor sales invoice, mengganti struktur organisasi, dan melakukan
pemisahan fungsi dengan memisahkan bagian admin kasir dan accounting finance. Untuk
penelitian selanjutnya disarankan agar penelitian terkait peranan pengendalian internal dapat
dikembangkan ke industri lain, seperti industri manufaktur, industri consumer goods, industri
tambang, maupun industri lainnya. |
en_US |