Pengaruh gamifikasi dan promosi waktu terbatas terhadap impulse buying konsumen Shopee di Bandung : studi kasus kepada 100 responden

Show simple item record

dc.contributor.advisor Subari, Fransiska Anita
dc.contributor.author Firdausya, Lea Tiara
dc.date.accessioned 2021-07-21T03:54:18Z
dc.date.available 2021-07-21T03:54:18Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39990
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11715
dc.description 9320 - FISIP en_US
dc.description.abstract Berbelanja online di marketplace sudah menjadi hal yang biasa bagi pengguna internet. Salah satu marketplace yang biasa menjadi tempat berbelanja adalah Shopee. Shopee menyediakan fitur gamifikasi dengan berbagai reward yang bertujuan agar pengguna semakin tertarik untuk mengunjungi selain itu berbagai promosi waktu terbatas juga diberikan agar dapat melakukan pembelian dengan segera, hal tersebut tentunya dapat merangsang pengguna Shopee untuk melakukan pembelian barang secara impulsif. Penelitian ini bertujuan mengetahui apakah gamifikasi dan promosi waktu terbatas yang terdapat di Shopee dapat mempengaruhi impulse buying konsumen Shopee di Kota Bandung. Disini, variabel gamifikasi diukur dengan menggunakan dimensi motivasi, keterlibatan dan enjoyment, sedangkan promosi waktu terbatas diukur menggunakan dimensi coupon, rebates, price-off, bonus packs, event, loyalty programs dan variabel impulse buying diukur dengan menggunakan 5 dimensi yaitu impuls murni, impuls pengingat, impuls saran, impuls terencana dan juga hedonic motives shopping. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan menyebarkan kuesioner yang diberikan kepada 100 orang responden Shopee di Kota Bandung yang pernah bermain games di Shopee dan memakai promosi yang tersedia di Shopee. Hasilnya, ditemukan bahwa impulse buying dipengaruhi oleh gamifikasi secara signifikan besarnya 34,1% dan impulse buying dipengaruhi oleh promosi waktu terbatas secara signifikan sebesar 29,8%. Dapat disimpulkan bahwa pengaruh gamifikasi dan promosi waktu terbatas terhadap impulse buying berada pada kategori kuat. Berdasarkan temuan penelitian, disarankan pihak Shopee untuk membuat gamifikasi khusus untuk konsumen hedonic shopping sehingga bisa memproses tingkat pembelian semakin tinggi karena reward yang didapat bisa dipakai maksimal sesuai kebutuhan. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Gamifikasi en_US
dc.subject Promosi en_US
dc.subject Impulse Buying en_US
dc.subject Online Shopping en_US
dc.subject Shopee en_US
dc.title Pengaruh gamifikasi dan promosi waktu terbatas terhadap impulse buying konsumen Shopee di Bandung : studi kasus kepada 100 responden en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016320058
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429087704
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI608#Ilmu Administrasi Bisnis


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account