Abstract:
Pertumbuhan bisnis kuliner yang semakin pesat menimbulkan persaingan antar-pebisnis di bidang kuliner dengan menawarkan jenis makanan dan minuman yang serupa. Seiring dengan berjalannya waktu, restoran di Kota Bandung semakin banyak bermunculan diantaranya Korean BBQ. Fat Oppa Korean BBQ merupakan salah satu restoran bertema Korean BBQ yang terletak di Jalan Karapitan No. 82 Bandung dan mulai berdiri sejak tahun 2017 serta memiliki motto “Cheapest Korean BBQ in Town with Authentic Taste”. Dengan penggunaan bauran pemasaran yang tepat tentu dapat mempengaruhi dalam hal loyalitas pelanggan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengukur seberapa besar pengaruh bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan pada Fat Oppa Korean BBQ. Jenis penelitian ini adalah eksplanatori, pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan kuesioner yang disebarkan kepada 100 orang responden.
Hasil penelitian menunjukan bahwa bauran pemasaran pada Fat Oppa Korean BBQ termasuk dalam kategori baik. Hasil uji korelasi adalah 0,722 yang termasuk korelasi kuat. Pengujian juga menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif dari bauran pemasaran terhadap loyalitas pelanggan dengan koefisien determinasi sebesar 52%.
Berdasarkan hasil tabel peringkat pada tanggapan responden, terdapat 3 pernyataan kuesioner dengan peringkat terendah mengenai area parkir, pesanan disajikan dengan cepat, dan feedback/ulasan yang bagus dan informatif dari beberapa media. Maka Fat Oppa Korean BBQ disarankan dapat memberikan perhatian lebih pada ketiga hal tersebut.