Analisis manajemen data dan keamanan informasi terhadap risiko yang mungkin muncul pada endorse yang dilakukan oleh influencer Instagram

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setiawan, Amelia
dc.contributor.author Revimingga, Puji
dc.date.accessioned 2021-07-05T07:20:21Z
dc.date.available 2021-07-05T07:20:21Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp40383
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11598
dc.description 24207 - FE en_US
dc.description.abstract Kemajuan teknologi telah menggerakkan bisnis ke dunia digital dan media sosial, baik oleh brand maupun online shop. Salah satu media sosial yang saat ini sedang diminati adalah Instagram. Salah satu bentuk kegiatan bisnis yang dilakukan melalui Instagram adalah endorse. Dalam endorse melibatkan influencer dan klien (brand atau online shop) sebagai pelakunya. Beberapa endorse dilakukan dengan bantuan pihak ketiga, seperti manajer, asisten, maupun tergabung dalam suatu manajemen tertentu. Endorse merupakan salah satu jenis jasa yang dilakukan oleh para influencer. Umumnya endorse dilakukan dengan menerima barang dari klien untuk kemudian di-posting di akun Instagram. Kegiatan endorse tersebut menggunakan suatu prosedur yang akan dilakukan analisis dalam aspek manajemen data serta keamanan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya manajemen data dan keamanan informasi yang dilakukan oleh para influencer dalam menjalankan endorse. Penelitian dilakukan dengan analisis terhadap 14 akun Instagram yang dimiliki influencer yang aktif melakukan endorse. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dengan para influencer serta observasi atas akun yang dimiliki para influencer. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prosedur endorse yang dilakukan para influencer bersifat sederhana. Oleh sebab itu, pengelolaan terhadap risiko yang mungkin terjadi dalam proses endorse yang dilakukan oleh influencer Instagram hanya dapat dilakukan secara sederhana. Maka dapat dikatakan bahwa sistem informasi masih belum dapat membantu influencer dalam mengelola risiko secara efektif dalam proses endorse. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambahkan jumlah influencer yang digunakan untuk menghasilkan analisis yang lebih baik. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Instagram en_US
dc.subject influencer en_US
dc.subject manajemen data en_US
dc.subject keamanan informasi en_US
dc.subject pengelolaan risiko en_US
dc.title Analisis manajemen data dan keamanan informasi terhadap risiko yang mungkin muncul pada endorse yang dilakukan oleh influencer Instagram en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013130204
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0422087701
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account