Abstract:
CV. Jasa Manggis merupakan perusahaan berkembang yang bergerak dalam industri pijat tradisional, saat ini perusahaan berusaha untuk meningkatan penjualan. Peningkatan penjualan dapat tercapai dengan cara memberikan service excellent dari pegawai perusahaan, service excellent dilihat dari cara pegawai melakukan treatment dan kemampuan suggested selling. Service excellent membutuhkan pelatihan yang tepat sasaran, hal ini tentunya bisa menjadi cost atau investasi bagi perusahaan. Sistem manajemen pelatihan dengan HR Analytics dari hasil penilitian ini berpusat pada bagaimana merancang sistem yang tepat, dimana sistem yang tepat tersebut berisi tentang pemetaan, perencanaan, pelaksanaan, dan mampu memperkirakan sebagai feedback dari sistem tersebut.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan metode penelitian studi kasus, validitas data dilakukan dengan triangulas, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara serta focus group discussion. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah MIT 90’s framework. Strategi perusahaan dipetakan menggunakan metode IMRA. Proses bisnis perusahan dan Manajemen pelatihan digambarkan menggunakan BPMN.
Berdasarkan hasil penelitian, sistem ini diketahui mampu memetakan kemampuan pegawai dan mengelompokan karyawan yang kurang atau belum mampu dan karyawan yang sudah mampu; kemudian sistem ini mampu melihat prefensi konsumen yang dapat digunakan sebagai dasar karyawan memberikan saran kepada konsumen; sistem ini juga mampu memetakan hubungan antara data yang satu dan yang lain sehingga dapat dilihat tendensy data-data tersebut; Sistem ini mampu memonitor kinerja pegawai secara individual sehingga kita dapat menilai berdasarkan data yang telah disusun dan dapat di urutkan berdasarkan karyawan yang memiliki kinerja paling baik hingga kinerja paling buruk.