Abstract:
Sunday Coffee merupakan salah satu Coffee Shop yang berdiri di Ruko Setrasari Mall no 12 , Kota Bandung dengan pendirinya yang bernama Bapak Jeffta dan Bapak Richard. Sunday Coffee merupakan salah satu Coffee Shop yang menyediakan produk dengan kualitas produk yang bagus. Tujuan Pemilik Sunday Coffee mengijinkan Sunday Coffee untuk menjadi Objek penelitian adalah untuk mendapatkan pembaharuan data-data riset pasar mengenai kondisi eksternal dan internal dalam industri Coffee Shop, sehingga kondisi eksternal tersebut dapat dianalisis untuk menjadi strategi bersaing yang baru
Penelitian yang dilakukan oleh penulis menggunakan jenis deskriptif analitis dengan metode studi kasus. Penelitian deskriptif analitis menjelaskan gambaran yang terperinci tentang suatu situasi atau fenomena dan menyampaikan fakta – fakta dengan jelas,teliti, dan lengkap melalui data – data yang telah dianalisis. Data – data tersebut kemudian dianalisis menggunakan analisis internal dan eksternal serta matriks SWOT.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa strategi bersaing yang digunakan Sunday Coffee adalah diferensiasi.Namun untuk memdukung strategi lebih baik lagi maka, Sunday Coffee perlu memberikan pelatihan komunikasi untuk karyawan mereka, menggunakan tempat promosi (IG) sebagai media untuk meningkatkan promosi, dan menambah variasi produk berdasarkan feedback dari konsumen. Dengan ini, Sunday Coffee mampu bersaing ditengah persaingan yang ketat ini.