dc.description.abstract |
Rutinitas sehari-hari, seperti pekerjaan kantor, belajar, dll. Dapat menyebabkan kondisi di mana orang kekurangan waktu dalam melakukan pekerjaan rumah. Dalam situasi ini, membayar sebuah jasa untuk melakukan seluruh atau sebagian dari pekerjaan rumah itu mungkin menjadi sebuah pilihan. Salah satunya adalah layanan laundry. Peluang bisnis ini telah ditangkap oleh beberapa orang, dan telah membuat persaingan bisnis ini meningkat.
Di mana pelanggan memiliki banyak pilihan, mempertahankan pelanggan menjadi penting. Hal ini juga dihadapi oleh MAMAWASH Laundry di Bandung. Sebagai bisnis jasa, kualitas layanan perlu dievaluasi terus menerus untuk mendapatkan minat pembelian kembali oleh konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tanggapan konsumen terhadap kualitas layanan dan minat pembelian kembali di MAMAWASH Laundry Bandung dan apakah kualitas layanan mempengaruhi niat pembelian kembali.
Kuisioner dibagikan kepada 100 konsumen MAMAWASH Laundry Bandung, di mana kualitas layanan diukur dengan dimensi reliability, tangible, responsiveness, empathy, dan assurance, sedangkan intensi pembelian kembali diukur dengan dimensi transaksional, referensial, preferensial, dan intensi eksploratif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kualitas Layanan dinilai positif oleh konsumen. Responden menunjukkan minat pembelian kembali yang tinggi pada MAMAWASH Laundry. Hasil data menunjukkan bahwa Kualitas Layanan memiliki efek positif pada Minat Beli Ulang sebesar 50,6%. Dapat diartikan bahwa peningkatan Kualitas Layanan akan meningkatkan Minat Beli Ulang oleh konsumen. Pada Variabel Kualitas Layanan mendapatkan skor rata-rata sebesar 438.93 yang berada dalam kategori “Sangat Setuju”, dimensi terbesar terdapat pada dimensi “Tangible” yaitu sebesar 447,75 yang juga terletak pada kategori “Sangat Setuju”. Pada Variabel Minat Beli Ulang skor rata-rata sebesar 430.2 yang berada dalam kategori "Sangat Setuju”, dimensi terbesar terdapat pada dimensi Minat Transaksional sebesar 439,7 yang berada didalam kategori “Sangat Setuju”.
Mengacu pada hasil yang diperoleh, MAMAWASH Laundry dianjurkan untuk mempertahankan Kualitas Layanan yang cukup positif dan memberikan pemisah yang cukup jelas antara pakaian konsumen agar tidak terjadi kesalahan dalam pelayanan. |
en_US |