Abstract:
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis penilaian kinerja pegawai di V Hotel & residence. Hotel ini didirikan pada tahun 2012 di Bandung, Jawa Barat. Pada saat itu, pendiri V Hotel & Residence melihat adanya peluang untuk menjadi bagian dari pemenuhan kebutuhan penginapan dengan peningkatan kedatangan wisatawan dan juga area wisata kota bandung utara yang semakin berkembang pesat.
Penilaian kinerja pegawai perlu dilakukan untuk mengetahui sejauh mana besarnya kontribusi pegawai dapat memenuhi apa yang diharapkan oleh perusahaan untuk mencapai visi dan misinya. Untuk itu perusahaan perlu menentukan siapa yang melakukan penilaian, kapan dilakukan penilaian, metode penilaian yang dipergunakan, aspek apa saja yang dinilai.
Penelitian ini merupakan penilaian deskriptif analisis dengan survei sebagai metode penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah wawancara, kuesioner, dan studi pustaka. Analisis data dilakukan menggunakan statistik deskriptif dan diberi makna dengan menggunakan kata-kata.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penilaian kinerja dilakukan untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan pegawai, bidang-bidang pengembangan pegawai, keputusan status kontrak, dan pemberian umpan balik kepada pegawai. Metode penilaian yang digunakan adalah rating scale dan penilaian dilakukan setelah tiga bulan kerja untuk pegawai baru, dan enam bulan sekali untuk pegawai lama.
Saran yang diajukan peneliti yaitu melakukan sosialisasi standar penilaian kinerja agar setiap pegawai memahami tingkat kuantitas dan kualitas kerja yang diharapkan.