dc.description.abstract |
Proses belajar di perguruan tinggi berbeda dengan di tingkat pendidikan yang lebih
rendah. Di universitas, siswa diminta untuk menangani semua proses yang diperlukan
tanpa melibatkan orang tua mereka. Dalam kondisi ini, peran kantor administrasi harus
dapat diandalkan terutama ketika masalah tertentu terjadi selama proses kuliah. Di Ilmu
Politik dan Sosial, Universitas Katolik Parahyangan Bandung, Kantor Administrasi
dibagi menjadi 4, yaitu Akademik, Rumah Tangga, Kemahasiswaan, dan Keuangan.
Penelitian ini akan fokus pada bagian akademik. Seberapa besar pengaruh kualitas
layanan administrasi di bagian akademik dari kepercayaan siswa.
Dalam penelitian ini, data dikumpulkan dengan membagikan kuesioner kepada
100 mahasiswa yang datang kepada Tata Usaha FISIP UNPAR. Service Quality diukur
berdasarkan dimensi Tangible, Realibility, Responsiveness, Assurance, dan Empathy
sedangkan Trust diukur dengan dimensi Benevolence, Reliability, Competence,
Honesty, Openes ingin mencari informasi tentang pengaruh antara Service Quality
Terhadap Trust.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif
dari Service Quality terhadap Trust. Hasil ini dibuktikan dari Berdasarkan output dari
software SPSS analisis korelasi, dapat dilihat bahwa nilai koefisien korelasi antara
Service Quality dengan Trust adalah sebesar 0,669. Nilai tersebut termasuk kategori
hubungan kuat karena berada pada interval 0,60 – 0,799. Hasil dari Service Quality
berdasarkan output dari software SPSS di atas, untuk nilai korelasi (R) sebesar 0,669,
maka diperoleh koefisien determinasi (KD) yang diketahui (R Square) adalah sebesar
0,447 atau 44,7%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa Service Quality Tata Usaha
FISIP Bagian Akademik Unpar yang meliputi Tangible, Reliability, Responsiveness,
Assurance, dan Emphaty mampu menerangkan Trust Mahasiswa FISIP Unpar sebesar
44,7%. Sedangkan sisanya sebanyak 55,3% merupakan besar kontribusi pengaruh yang
diberikan oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Dari hasil tersebut, disarankan agar Tata Usaha FISIP UNPAR untuk tetap
meningkatkan kualitas dari pelayanan dan sumber daya manusia karena, semua
mahasiswa sudah berpikir positif dan merasa bisa menyelesaikan masalah ketika ketika
mahasiswa datang kepada Tata Usaha FISIP UNPAR |
en_US |