Abstract:
Perkembangan bidang pariwisata di Indonesia menjadikan bisnis jasa transportasi wisata menjadi bisnis yang cukup diminati untuk dikembangkan, salah satunya adalah bisnis jasa travel. Salah satu penyedia jasa travel adalah Day Trans Travel. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Day Trans Travel Bandung.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian asosiatif dengan metode survei. Populasi dari penelitian ini adalah semua pelanggan travel. Maka, sampel penelitian ini adalah orang yang pernah menggunakan Day Trans Travel. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan jumlah yang disebarkan sebanyak 110 kuesioner.
Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin baik kualitas pelayanan maka akan meningkatkan loyalitas pelanggan. Dimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan di Day Trans Travel Bandung berpengaruh sebesar 54,5% sedangkan sisanya sebesar 45,5% merupakan kontribusi dari variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.