Abstract:
Tujuan penulis dalam penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis sistem insentif yang sedang diterapkan perusahaan kepada pegawai distribusi PT. Xyz yang bergerak di bidang manufaktur dengan memproduksi cat dan bahan kimia bangunan yang telah berdiri sejak 21 Agustus 1973. Produk dari PT. Xyz telah tersebar di beberapa kota di Indonesia. Guna mewujudkan sistem pemberian insentif yang lebih baik dan dapat dijadikan sebagai salah satu penunjang kinerja karyawan. Seperti yang dikemukakan oleh salah satu ahli, menurut Panggabean (2002, p. 77) insentif adalah suatu imbalan secara langsung yang diberikan perusahaan kepada karyawan karena prestasi melebihi standar dari perusahaannya.
Peneletian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dengan metode penelitian survei lapangan, agar penelitian ini mendapat gambaran secara umum mengenai proses penerapan dan pemberian insentif pada PT. Xyz.
Kesimpulan penulis mengenai penelitian insentif pada PT. Xyz dirasa cukup baik dengan telah mengimplementasikan sistem insentif, namun terdapat kendala yang terjadi dilapangan dengan diterapkannya dasar objek pemberian insentif berupa persentase yang diberikan pada setiap pegawai setelah pegawai tersebut melakukan pengiriman. Kinerja perusahaan juga sangat berdampak terhadap kepuasan pegawai dan juga terhadap tujuan perusahaan itu sendiri.
Saran penulis dari hasil penelitian ini, jumlah persentase insentif yang di perbesar, melakukan sosialisasi atau keterbukaan sistem insentif, serta merubah waktu pembayaran seperti misal uang insentif diberikan pada per dua minggu atau bisa disesuaikan dengan kebutuhan pegawai.