dc.description.abstract |
Dalam sudut pandang pemasaran, Loyalitas pelanggan merupakan terjalinnya hubungan antara perusahaan dan pelanggan (Tjiptono, 2006). Dalam penelitian pendahuluan yang dilakukan oleh penulis, didapatkan gejala bahwa terjadi peningkatan penjualan di UNKL347 Headquarters pada bulan Januari-Agustus 2016 dibandingkan tahun 2015 di mana pada tahun 2016 UNKL347 Headquarters melakukan renovasi pada store-nya. Oleh karena itu penulis tertarik untuk meneliti faktor-faktor yang memengaruhi peningkatan penjualan tersebut yang salah satunya adalah Store Atmosphere. Store Atmosphere merupakan salah satu elemen bauran pemasaran untuk memengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Adapun dimensi dari Store Atmospherei menurut Berman dan Evan (2007) adalah Exterior, General Interior, Store Layout, dan Interior (Point of Purchase) Display.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode causal study. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner yang disebarkan secara manual dan menggunakan bantuan aplikasi Typeform kepada responden yang secara acak dijumpai oleh penulis yang merupakan pengguna produk UNKL347 dengan metode accidental sampling. Uji yang dilakukan menggunakan metode regresi berganda dengan variabel independen Exterior, General Interior, Store Layout, dan Interior (Point of Purchase) Display terhadap variabel dependen Loyalitas Pelanggan.
Hasil penelitian ini menunjukkan, persepsi responden terhadap variabel Exterior, General Interior, Store Layout, dan Interior (Point of Purchase) Display sudah dipersepsikan cukup baik. Hasil regresi berganda untuk model ini menunjukkan variabel General Interior dan Store Layout tidak berpengaruh secara signifikan terhadap perubahan Loyalitas, namun variabel Exterior dan Interior (POP) Display berpengaruh secara signifikan terhadap Loyalitas. Nilai Adjusted R2 sebesar 0.527, yang berarti model ini menjelaskan 52.7% variabel Loyalitas sedangkan sisanya (100% - 52.7% = 47.3%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain yang tidak masuk ke dalam model ini. Oleh karena itu UNKL347 disarankan lebih memperhatikan dan meningkatkan Store Atmosphere-nya dan meneliti lebih lanjut topik ini agar semakin meningkatkan Loyalitas Pelanggan-nya sehingga semakin dapat berkembang dan bersaing di Industri Ritel. |
en_US |