Analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan activity-based costing untuk meningkatkan laba : studi kasus pada Distributor X

Show simple item record

dc.contributor.advisor Purboyo, Arthur
dc.contributor.author Tiffani, Nita
dc.date.accessioned 2021-03-26T09:38:38Z
dc.date.available 2021-03-26T09:38:38Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39022
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11461
dc.description 23894 - FE en_US
dc.description.abstract Seiring berkembangnya zaman, bisnis juga ikut berkembang. Perkembangan zaman yang ditandai dengan teknologi yang semakin canggih menyebabkan kegiatan jual-beli semakin mudah untuk dilakukan. Kemudahan ini mengakibatkan persaingan saat ini menjadi semakin ketat. Persaingan yang ketat menyebabkan pelanggan akan lebih selektif dalam memilih produk yang akan dibeli. Maka dari itu, perusahaan perlu mempertahankan pelanggannya agar tidak berpindah ke pesaing. Untuk mempertahankan pelanggan, perusahaan perlu mengenal setiap pelanggannya. Setiap pelanggan di perusahaan memiliki karakteristik yang beragam. Karakteristik yang beragam ini mengakibatkan setiap pelanggan membutuhkan pelayanan yang berbeda sehingga biaya yang timbul akan berbeda juga. Hal ini menyebabkan kontribusi laba yang diberikan setiap pelanggan akan berbeda juga. Maka dari itu, perusahaan perlu melakukan analisis profitabilitas pelanggan agar dapat mengetahui apakah pelanggan menguntungkan atau merugikan. Penelitian dilakukan pada Distributor X yang merupakan distributor alat tulis yang ada di Bandung. Produk yang dijual perusahaan berupa alat tulis pada umumnya. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Populasi yang diteliti pada Distributor X adalah pelanggan. Karena adanya keterbatasan waktu, penelitian ini menggunakan sampel yang pemilihannya dilakukan dengan purposive sampling. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada Distributor X, perusahaan tidak pernah memperhitungkan biaya-biaya operasional yang timbul karena pelanggan. Perusahaan beranggapan bahwa pelanggan yang paling menguntungkan adalah pelanggan yang membeli dalam kuantitas yang besar dan pelanggan yang frekuensi pembeliannya sering. Pemikiran tersebut mengakibatkan perusahaan tidak dapat menentukan pengambilan keputusan yang tepat. Maka, perlu dilakukan analisis profitabilitas pelanggan agar dapat mengetahui besar biaya yang dikeluarkan setiap pelanggannya. Dengan mengetahui ini perusahaan dapat mengambil keputusan yang tepat dalam mengurangi biaya melayani pelanggan sehingga laba perusahaan meningkat secara keseluruhan dan membuktikan bahwa pemikiran perusahaan bahwa pelanggan yang kuantitas pembeliannya besar dan yang frekuensi pembelian sering adalah pelanggan yang paling menguntungkan tidak tepat. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject profitabilitas pelanggan en_US
dc.subject harga pokok penjualan (HPP) en_US
dc.subject activity-based costing en_US
dc.title Analisis profitabilitas pelanggan dengan menggunakan activity-based costing untuk meningkatkan laba : studi kasus pada Distributor X en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016130014
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0425015801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI604#Akuntansi


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account