Dampak strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Veronita, Rika
dc.date.accessioned 2017-03-21T08:03:13Z
dc.date.available 2017-03-21T08:03:13Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33574
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1129
dc.description 22346 - FE
dc.description.abstract Pada tahun 2015 jumlah penduduk Indonesia sudah melebihi 255 juta jiwa dan diperkirakan akan terus meningkat setiap tahunnya. Menurut Business Monitor International: Indonesia Food & Drink Report, pertumbuhan konsumsi industri makanan dan minuman di Indonesia terus meningkat dari tahun 2012 hingga pada akhir tahun 2014 yang sudah mencapai Rp. 976,4 triliun. Industri makanan dan minuman yang berkembang pesat menjadikan industri ini menarik untuk dimasuki. Berdasarkan hal tersebut, PT Indofood Sukses Makmur Tbk. melakukan strategi pertumbuhan untuk memperkuat organisasi dengan menyempurnakan model bisnis yang terintegrasi. Dari latar belakang tersebut, berikut identifikasi masalah yang di rumuskan oleh penulis yaitu bagaimana strategi pertumbuhan yang dilakukan PT Indofood, bagaimana kinerja PT Indofood dan apa dampak dari strategi yang telah dilakukan terhadap kinerja PT Indofood. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian deskriptif dengan sumber data dari data sekunder yaitu laporan tahunan PT Indofood tahun 2012 hingga 2014. Teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka yang diperoleh dari buku, data penting yang dipublikasikan oleh perusahaan dan studi literatur ilmiah. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan penulis terhadap PT Indofood Sukses Makmur Tbk., maka penulis menarik beberapa kesimpulan, yaitu: (1) Strategi pertumbuhan yang dilakukan Perseroan pada tahun 2012 hingga 2014 yaitu concentric (related) diversification dengan menambahkan beberapa produk minuman dan menambahkan kegiatan usaha strategis (grup) baru, backward integration dengan memiliki pasokan yang lebih besar dengan memperluas lahan dan forward integration dengan memiliki kepemilikan yang lebih besar untuk memasarkan, menjual dan mendistribusikan produk dengan tujuan jangka panjangnya yaitu merevitalisasi, memperkuat organisasi, menyempurnakan model bisnis yang terintegrasi secara vertikal, meningkatkan investasi, mempercepat peluncuran produk baru, memperkuat kategori usaha, mengoptimalisasi portofolio dan menjaga keseimbangan antara profitabilitas dengan pangsa pasar. (2) Dalam analisis kinerja keuangan Perseroan di dapat bahwa ROA dan ROE di tahun 2013 mengalami penurunan namun meningkat di tahun 2014 tetapi peningkatan di tahun 2014 tidak setinggi di tahun 2012. Dari tahun 2012 hingga 2014, kas dan setara kas Perseroan mengalami kenaikan disebabkan oleh kenaikan dari total penerimaan yang diperoleh dari aktivitas operasi dan penurunan akan pengeluaran untuk aktivitas investasi di tahun 2014 jika dibandingkan dengan tahun 2013. Citra Perseroan dilihat dari corporate image award selalu menduduki peringkat pertama. SDM Perseroan menambah 18% karyawannya. Top brand index bagi beberapa produk Perseroan berhasil bertahan di peringkat atas. (3) Strategi pertumbuhan yang dilakukan Perseroan meningkatkan penjualan dari tahun 2012 hingga 2014 sebesar 27% tetapi ROE di tahun 2013 menurun. Penurunan tersebut disebabkan ROA di tahun 2013 lebih rendah dibandingkan tahun 2012 sehingga Perseroan harus lebih meningkatkan penjualan dan meningkatkan efisiensinya untuk mendapatkan laba yang lebih besar. Walaupun demikian, melalui strategi pertumbuhan yang dilakukan Perseroan berhasil mencapai beberapa tujuan jangka panjang yang telah ditetapkan Perseroan. Saran penulis berdasarkan penelitiannya: (1) Melakukan evaluasi atau perbaikan terus-menerus (continuous improvement) baik dalam input, proses maupun output. (2) Melakukan hedging agar dapat menghindari fluktuasi nilai tukar mata uang yang merugikan Perseroan. (3) Memanfaatkan brand-brand yang ada untuk meningkatkan kegiatan pemasaran sehingga dapat meningkatkan penjualan. (4) Terus meningkatkan citra perusahaan dan brand dari setiap produk yang merupakan kekuatan dari Perseroan. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject strategi pertumbuhan en_US
dc.subject analisis kinerja keuangan en_US
dc.subject analisis kinerja non keuangan en_US
dc.subject corporate image award dan top brand index en_US
dc.title Dampak strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120062
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account