Abstract:
Persaingan diantara tempat makan di Kota Bandung sangat tinggi, sehingga salah satu cara untuk bertahan dalam bisnis ini adalah dengan menggunakan marketing communication mix yang baik. Penulis melakukan preliminary research untuk melihat masalah yang dihadapi oleh Teras Nyemil. Masalah yang ada di Teras Nyemil dalam hasil preliminary research adalah kurangnya Teras Nyemil dalam menyampaikan komunikasi pemasaran, sehingga dari hasil tersebut penulis ingin tahu pelaksanaan marketing communication mix terhadap brand awareness konsumen Teras Nyemil di Kota Bandung.
Marketing communication mix adalah salah satu alat yang penting dalam menciptakan awareness di benak konsumen. Menurut Kotler & Keller (2009) komunikasi pemasaran dapat meningkatkan konsumen langsung atau tidak langsung tentang produk dan merek yang dijual. Penelitian ini mencari tahu pengaruh marketing communication mix, yang terdiri dari advertising, event & experiences, sales promotion, dan word of mouth marketing, terhadap brand awareness konsumen Teras Nyemil di Kota Bandung.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Penulis melakukan penelitian dengan membagikan kuesioner kepada 100 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah judgement sampling. Analisis yang dilakukan dengan metode deskriptif, yaitu menjelaskan jawaban responden, yaitu pendapat mereka mengenai brand yang diteliti, sementara analisis kuantitatif dilakukan dengan menggunakan model regresi linear berganda untuk mengetahui seberapa besar pengaruh marketing communication mix terhadap brand awareness konsumen Teras Nyemil.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa advertising yang dilakukan oleh Teras Nyemil masih sangat kurang, karena masih banyak responden yang tidak tahu mengenai adanya advertising dan media yang digunakan untuk memasarkan produk Teras Nyemil. Padahal, untuk beberapa responden yang sudah mengetahui media sosial yang digunakan oleh Teras Nyemil mengatakan bahwa desain advertising yang dilakukan Teras Nyemil menarik. Event & Experience yang diikuti oleh Teras Nyemil sangat kurang, terutama dalam hal informasi yang diberikan sehingga konsumen banyak yang tidak mengetahui tentang adanya event yang diikuti tersebut. Sales promotion yang dilakukan oleh Teras Nyemil sudah cukup baik, ini dapat dilihat dari hampir setengah responden yang mengatakan bahwa promo yang dilakukan Teras Nyemil menarik dan mudah dimengerti. Word of mouth marketing yang dilakukan oleh Teras Nyemil sudah cukup baik, ini dapat dilihat dari banyaknya responden yang mendapatkan informasi positif mengenai Teras Nyemil melalui teman, maupun media sosial yang dimiliki sesama teman, sehingga penyampaiannya dapat diterima dengan baik. Dari hasil uji memperlihatkan bahwa yang paling berpengaruh adalah event and experiences. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif dari marketing communication mix terhadap brand awareness konsumen. Sebesar 50,1% dari brand awareness pada Teras Nyemil dipengaruhi oleh marketing communication mix, sedangkan 49,9% dipengaruhi oleh faktor lain. Sehingga penulis menyarankan untuk melakukan promosi yang lebih efektif agar tingkat kesadaran merek dapat meningkat.