Usulan bauran pemasaran untuk Bengkel MBS Motor menggunakan metode Latent Class dan Correspondence Analysis

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pratikto, Fransiscus Rian
dc.contributor.author Gunawan, Leila
dc.date.accessioned 2020-10-07T07:04:53Z
dc.date.available 2020-10-07T07:04:53Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp38637
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11254
dc.description 4889 - FTI en_US
dc.description.abstract Bengkel MBS Motor merupakan bengkel sepeda motor umum yang terletak di Jalan Buah Batu Kota Bandung. Berdasarkan data penggunaan jasa bengkel, jumlah pengguna bengkel stagnan pada dua tahun belakangan ini. Menurut pemilik Bengkel MBS Motor, mereka sudah meningkatkan fasilitas, pelayanan dan pemasaran dengan baik namun mereka tidak mengetahui penyebab tingkat pengguna Bengkel MBS Motor stagnan setiap tahunnya. Pemilik Bengkel MBS Motor telah menerapkan strategi pemasaran berupa segmenting, targeting dan positioning. Namun strategi pemasaran tersebut tidak sesuai dengan target market yang terjadi saat ini. Oleh karena itu, perlunya memperbarui stategi pemasaran Bengkel MBS Motor agar dapat meningkatkan penjualan serta bersaing dengan kompetitor bengkel motor lainnya. Pada penelitian ini melakukan pengumpulan data menggunakan metode choice based conjoint (CBC) berdasarkan atribut pertimbangan konsumen mengunjungi bengkel motor. Hasil CBC tersebut akan diolah dengan menggunakan Latent Class untuk melakukan pengelompokkan segmen. Metode lain yang digunakan yaitu Correspondence Analysis untuk melakukan positioning atau membandingkan kelebihan yang dimiliki Bengkel MBS Motor dengan bengkel motor lain. Hasil strategi pemasaran tersebut akan dilakukan bauran pemasaran yang sesuai dengan target pasar. Hasil pengelompokkan segmen Bengkel MBS Motor terdapat dua buah segmen pasar yang terbentuk yaitu segmen quality focus dan segmen convenience seeker. Berdasarkan hasil segmen yang terbentuk, dilakukan analisis targeting yang menghasilkan segmen convenience seeker sebagai target pasar. Selanjutnya, dilakukan positioning yang menghasilkan perceptual map dengan posisi Bengkel MBS Motor memiliki kelebihan yaitu mekanik professional, hasil pekerjaan teliti, dan pelayananan cepat. Perceptual map dapat memberi evaluasi bahwa Bengkel MBS Motor ingin memiliki kelebihan lain yaitu sparepart lengkap dan berkualitas, garansi meyakinkan dan suasana bengkel yang nyaman. Selain itu, perceptual map dapat mengomunikasikan tagline yang berbunyi “better service, better day”. Hasil segmenting, targeting dan positioning akan digunakan sebagai dasar bauran pemasaran berupa 7p yang terdiri dari product, price, promotion, place, physical evidence, people, dan process. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Industri Fakultas Teknologi Industri - UNPAR en_US
dc.title Usulan bauran pemasaran untuk Bengkel MBS Motor menggunakan metode Latent Class dan Correspondence Analysis en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2015610144
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0429017501
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI613#Teknik Industri


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account