Abstract:
PT X merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri
telekomunikasi dan informasi. Salah satu produk yang disediakan oleh PT X adalah TV
kabel. PT X terus melakukan penjaminan kualitas mengingat tingginya tingkat persaingan
pada bidang penyediaan layanan TV kabel. Salah satu upaya penjaminan kualitas yang
dilakukan PT X adalah dengan mencegah adanya gangguan yang terjadi pada produk TV
kabel sampai ke konsumen. Hal ini bertujuan agar loyalitas konsumen terhadap produk TV
kabel PT X tetap terjaga dan dapat meningkatkan jumlah konsumen.
PT X memiliki komitmen untuk menjaga tingkat gangguan TV kabel berada di
bawah nilai 3%. Namun, pada saat ini, tingkat gangguan yang terjadi pada produk TV kabel
PT X masih berada pada rentang 5% hingga 6%. Maka dari itu, untuk menurunkan tingkat
gangguan tersebut diperlukan perbaikan kualitas dengan menggunakan metode Six Sigma
DMAIC. Metode Six Sigma DMAIC dipilih karena memiliki tahapan yang jelas, yaitu define,
measure, analyze, improve, dan control. Selain itu, metode Six Sigma DMAIC juga memiliki
ukuran performansi yang pasti, yaitu nilai DPMO dan level sigma dengan target nilai DPMO
sebesar 3,4 dengan level sigma sebesar 6. Adapun nilai DPMO saat ini adalah sebesar
17522,022 dan level sigma sebesar 3,61.
Perbaikan yang dilakukan untuk mengurangi tingkat gangguan adalah
pembuatan brosur edukasi pelanggan, pembuatan visual display SOP, pembuatan visual
display pemasangan perangkat, penggunaan alat bantu grabber untuk proses
pemasangan kabel, dan penggunaan pelindung kabel patchcore. Setelah dilakukan
perbaikan, terjadi penurunan nilai DPMO menjadi 14790,61 dan peningkatan nilai level
sigma menjadi 3,68