Abstract:
Kota Bandung merupakan salah satu destinasi wisata yang diminati di Jawa Barat, sehingga banyak perkembangan inovasi dalam bisnis pariwisatanya. Pada zaman ini bisnis pariwisata yang berkembang salah satunya adalah bisnis pusat perbelanjaan (mal). Click Square merupakan salah satu mal dengan lokasi yang strategis di Bandung. Bangunan ini adalah hasil renovasi dari bangunan Be Mall yang sudah tidak beroperasi karena sepi pengunjung. Click Square memiliki konsep dan façade bangunan yang berbeda dari bangunan sebelumnya, dan sudah berdiri serta beroperasi sejak tahun 2017. Mal ini memiliki konsep lifestyle mal yang menggabungkan unsur teknologi LED pada façade-nya agar membuat bangunan ini menjadi lebih menarik dan mutakhir, tetapi mal ini dinilai kurang diminati dan sepi pengunjung. Tujuan dari penelitian ini adalah mengkaji fenomena tersebut pada bangunan Click Square menggunakan teori lima elemen dan bentuk dalam feng shui untuk membahas penggunaan warna dan bentuk. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan melakukan observasi secara langsung pada bangunan dan tenant Click Square. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara dengan pihak pengelola, dan survei ke lapangan. Ruang lingkup untuk penelitian ini adalah lingkungan sekitar bangunan, bangunan, dan tenant pada Click Square. Kesimpulan penelitian ini adalah sebuah anomali dimana ternyata banyak ditemukan keharmonisan elemen dari warna dan bentuk pada lingkungan, bangunan serta tenant dengan sektornya. Hal ini seharusnya dapat menyebabkan energi pada bangunan ini baik, tetapi terdapat kemungkinan-kemungkinan lain penyebab bangunan Click Square menjadi sepi yang tidak dibahas pada penelitian ini. Penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengetahui penyebab sebenarnya bangunan Click Square menjadi sepi.