Abstract:
Ganesha H. Equestarian adalah salah satu perusahaan di Lembang yang berkonsep tempat berwisata yang menawarkan jasa berkuda, pelatihan berkuda, dan penitipan kuda. Sampai saat ini perusahaan belum dapat menghasilkan kinerja yang maksimal karena masih sangat sedikit konsumen yang datang ke tempat tersebut. Penulis menemukan masalah di mana marketing mix yang diterapkan oleh perusahaan masih belum maksimal. Konsumen dari Ganesha H. Equestarian merasa masih banyak tidak tersedia fasilitas-fasilitas yang dapat mendukung suatu tempat menjadi tempat wisata, disertai masih belum maksimalnya promosi yang dilakukan dari pihak perusahaan.
Selama ini yang menjadi pengelola adalah owner sendiri, owner langsung melakukan pendekatan kepada para konsumen nya melalui telepon, email, dan alat komunikasi saja. Owner masih merasa masih banyak kekurangan yang ada dalam perusahaan nya tetapi tidak dapat mengetahui apa saja secara detail. Dengan studi lapang, penulis melihat bahwa marketing mix yang diterapkan masih belum efektif. Oleh karena itu, penulis tertarik untuk meneliti harapan dan persepsi konsumen akan kinerja marketing mix di Ganesha H. Equestarian dan merumuskan strategi marketing baru.
Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode penelitian dengan analisis data kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa studi lapangan melalui observasi dan wawancara dengan populasi 22 orang responden yang pernah mengunjungi tempat wisata berkuda. Selain itu, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan melalui literatur-literatur dan analisis data perusahaan. Diharapkan dengan wawancara tersebut maka penulis dapat mengetahui persepsi mereka terhadap kinerja marketing mix dari perusahaan serta harapan-harapan apa saja terhadap kinerja marketing mix untuk suatu tempat wisata berkuda.