Konfigurasi spasial anak terhadap ruang pada lingkungan sekolah Starland Preschool and Kindergarten

Show simple item record

dc.contributor.advisor Pujianto, Franseno
dc.contributor.author Gusti, Di Ega Abdi
dc.date.accessioned 2020-08-11T04:26:21Z
dc.date.available 2020-08-11T04:26:21Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39768
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/11135
dc.description 6194 - FTA en_US
dc.description.abstract Anak-anak memandang ruang di sekitarnya dengan cara yang berbeda dengan orang dewasa, mereka memiliki persepsi yang berbeda. Bukan hanya terhadap ruang secara visual, namun juga secara spasial. Persepsi seseorang terhadap lingkungan kemudian akan membentuk sebuah aksi atau perilaku tertentu. Dengan demikian, persepsi anak terhadap setting ruang di sekitarnya akan membentuk perilaku anak dalam memanfaatkan ruang tersebut. Hal tersebut tersusun dalam konfigurasi spasial anak terhadap ruang di sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk memahami persepsi anak dalam memanfaatkan ruang pada lingkungan sekolah Starland Preschool and Kindergarten. Sekolah yang mengangkat tema pembelajaran multiple intelligences ini mengajak anak-anak untuk belajar dengan metode yang ’fun’. Penelitian dilakukan dengan menelusuri bagimana persepsi anak terhadap setting ruang pada lingkungan sekolah Starland Preschool and Kindergarten yang terlihat dalam pola perilaku pemanfaatan ruang pada setting tersebut. Data penelitian diperoleh melalui observasi kegiatan anak-anak Kindergarten 1, Starland Preschool and Kindergarten dan wawancara terhadap staff pengajar. Data kemudian diolah menjadi peta aktivitas yang akan dianalisis menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan persepsi anak terkait pemanfaatan ruang yang mereka lakukan pada setting ruang di lingkungan sekolah Starland Preschool and Kindergarten. Penelitian dilakukan dengan mengambil sampel pada empat titik pengamatan dengan intensitas aktivitas anak tertinggi selama proses pengamatan. Analisis setting ruang diperlukan terlebih dahulu untuk kemudian dapat mengetahui persepsi seperti apa yang anak-anak gunakan. Sehingga pemanfaatan ruang yang mereka lakukan pun memiliki sebuah alasan yang bisa dideskripsikan untuk memperjelas kembali konfigurasi spasial anak yang terlihat dari persepsi anak berdasarkan setting ruang tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui konfigurasi spasial yang telihat, anak-anak memiliki persepsi yang positif terhadap lingkungan sekolah Starland Preschool and Kindergarten. Persepsi yang muncul dari anak-anak dapat berupa respon terhadap setting ruang yang ada pada lingkungan sekolah. Persepsi anak-anak terhadap ruang di lingkungan sekolah ini juga dipengaruhi oleh pengalaman, tradisi dan kebiasaan yang telah mereka lakukan atau pelajari sebelumnya. Dan persepsi anak tersebut yang kemudian akan memperlihatkan bagaimana konfigurasi spasial yang mereka miliki. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Arsitektur Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject Konfigurasi spasial anak en_US
dc.subject perilaku pemanfaatan ruang en_US
dc.subject lingkungan sekolah en_US
dc.subject Starland Preschool and Kindergarten en_US
dc.title Konfigurasi spasial anak terhadap ruang pada lingkungan sekolah Starland Preschool and Kindergarten en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016420004
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408068602
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI611#Arsitektur


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account