Analisis strategi pemasaran PT. Sinar Tjahaya Abadi berdasarkan persepsi retailer lampu di Jalan Banceuy & Plaza IBCC

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sunanto, Sandra
dc.contributor.author Adilukito, Agung Christian
dc.date.accessioned 2017-03-21T06:53:24Z
dc.date.available 2017-03-21T06:53:24Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33637
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1108
dc.description 22409 - FE
dc.description.abstract Strategi pemasaran dan bauran pemasaran merupakan faktor penting yang menentukan suatu perusahaan di dalam suatu pasar. Perusahaan akan menentukan strategi pemasaran yang akan digunakan dalam memasuki suatu pasar. Kemudian akan menentukan bauran pemasaran produk tersebut sehingga sesuai dengan target pasar. Karena nantinya strategi dan bauran pemasaran yang tepat dapat menjadikan perusahaan sebagai market leader pada pasar tersebut. Lampu LED Cardilite merupakan pendatang baru dalam industri lampu LED di Indonesia. Dalam beberapa tahun terakhir angka penjualan lampu LED Cardilite belum mencapai target yang diinginkan. Penjualan yang tidak mencapai target bisa disebabkan dari berbagai faktor. Salah satu alasan memungkinkan tidak tercapainya target penjualan adalah pada strategi dan bauran pemasarannya. Kemudian, mencari tahu situasi dan kondisi pasar lampu khususnya pada toko ritel lampu. Faktor–faktor yang menjadi pertimbangan toko ritel lampu dalam memilih merek lampu yang dijual pada toko tersebut. Sehingga perusahaan mengetahui faktor–faktor yang menjadi pertimbangan toko ritel lampu dalam menjualkan produk lampu merek tertentu. Nantinya, hasil penelitian ini akan menjadi usulan atau saran bagi lampu LED Cardilite untuk meninjau kembali strategi dan bauran pemasaran yang sudah digunakan. Sebelum menerapkan strategi pemasaran yang tepat pada lampu LED Cardilite perlu diketahui terlebih dahulu teori–teori yang berhubungan dengan strategi pemasaran. Teori–teori tersebut adalah teori mengenai strategi pemasaran yang meliputi segmenting, targeting, dan positioning serta teori mengenai bauran pemasaran yang meliputi 4P (product, price, place, promotion). Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan exploratori, di mana dilakukan observasi ke lapangan dan perusahaan, melihat gejala yang terjadi di lapangan, kemudian dicari penyebab dengan mengumpulkan data dan dianalisis untuk dicari solusinya. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan data tertulis perusahaan dalam periode Agustus 2016–Desember 2016. Dalam industri lampu LED di Jalan Banceuy dan Plaza IBCC, Philips masih menjadi market leader, sementara kompetitor terdekatnya adalah Osram dan In Lite. Ketiga merek lampu LED ini merupakan merek yang paling digemari konsumen di Jalan Banceuy dan Plaza IBCC. Cardilite sebagai pendatang baru dapat meniru strategi pemasaran yang sudah dilakukan kompetitor yang bisa dikatakan sudah berhasil. Sementara dari sudut pandang toko ritel lampu di Jalan Banceuy dan Plaza IBCC, mayoritas toko ritel mengharapkan kualitas lampu yang baik, dan juga elemen harga dan promosi dari produk tersebut. Sebaiknya PT. Sinar Tjahaya Abadi mencontoh strategi pemasaran dari perusahaan lampu LED Philips. Ada beberapa faktor yang sama menjadi alasan lampu LED Cardilite dapat mencontoh strategi dan bauran pemasaran lampu LED Philips khususnya pada bauran pemasaran. Perlu dicermati bauran pemasaran lampu LED Cardilite sehingga dapat menjadi pesaing atau bahkan market leader pada industri lampu LED. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.title Analisis strategi pemasaran PT. Sinar Tjahaya Abadi berdasarkan persepsi retailer lampu di Jalan Banceuy & Plaza IBCC en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2012120074
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account