Evaluasi strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT. Sritex, Tbk.

Show simple item record

dc.contributor.advisor Tan Lian Soei, Catharina
dc.contributor.author Suryadi, Hanny Melissa Senjaya
dc.date.accessioned 2017-03-21T06:46:44Z
dc.date.available 2017-03-21T06:46:44Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33582
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1105
dc.description 22354 - FE en_US
dc.description.abstract Industri tekstil dan produk tekstil (TPT) di Indonesia dari tahun 2012 – 2015,merupakan salah satu sektor yang paling terpukul oleh perlambatan ekonomi di dalam negeri, akibat adanya masalah domestik seperti kebijakan pemerintah,harga barang impor yang murah, biaya bongkar muat, serta dwelling time yang lama. Salah satu perusahaan produk tekstil yang berada di Kota Solo adalah PT Sri Rejeki Isman atau sering disebut sebagai PT Sritex Tbk. PT Sritex Tbk melakukan integrasi vertikal maupun horizontal dengan membangun pabrik pemintalan benang serta mengakuisisi salah satu pesaing perusahaan garmennya. Besarnya sumber dana berupa pinjaman bank dan wesel bayar pada perusahaan lain menyebabkan rasio solvabilitas perusahaan tinggi serta harga sahamnya lebih rendah dibandingkan dengan harga saham perdana. Hal ini mengindikasikan bahwa kinerja perusahaan tidak berkembang sesuai dengan yang diharapkan. Namun di sisi lain, penjualan perusahaan mengalami trend kenaikan yang signifikan dari tahun 2013 hingga 2015. Oleh karena itu,penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul : “Evaluasi Strategi Pertumbuhan terhadap Kinerja PT Sritex Tbk”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk : Mengetahui strategi pertumbuhan yang diterapkan oleh PT Sritex Tbk, mengetahui evaluasi strategi PT Sritex Tbk serta mengetahui bagaimana evaluasi penerapan strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT Sritex Tbk. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode penelitian Deskriptif. Menurut Sekaran & Bougie (2013 : 97), studi deskriptif dilakukan untuk menjelaskan karakteristik variabel yang diteliti dalam suatu situasi. Metode penelitian deskriptif adalah metode yang menggambarkan suatu gejala yang ada pada saat penelitian dilakukan dengan jalan mengumpulkan, menjelaskan dan menganalisis data yang diperoleh dari lokasi penelitian dan selanjutnya membuat dan menarik kesimpulan serta saran–saran di mana analisa tersebut didukung oleh data primer maupun sekunder. Berdasarkan hasil pembahasan, perusahaan sudah melakukan strategi pertumbuhan berupa integrasi vertical dan horizontal, market development, dan product development yang berlanjut dilakukan pada tahun 2013 - 2015.Berdasarkan SPACE Matrix dan Grand Strategy Matrix PT Sritex Tbk tahun 2012, strategi pertumbuhan yang dilakukan perusahaan sudah tepat karena prospek industri tekstil ke depannya menunjukkan potensi yang tinggi dan didukung berbagai aspek. Pada tahun 2012 – 2015, kinerja keuangan perusahaan menunjukkan bahwa perusahaan cukup profitable, walaupun penjualan mengalami kenaikan namun perusahaan terlalu likuid dan solvabilitasnya kurang baik. Sebaiknya strategi pertumbuhan yang dilakukan tidak eksesif dengan tidak menambah kapasitas produksi lagi tetapi meningkatkan penjualan. Divisi pemasaran dan operasi PT Sritex juga perlu menjaga kepuasan pelanggan dengan cara memberikan produk dengan kualitas yang sesuai bahkan melebihi ekspektasi konsumen serta melakukan penghematan dan meningkatkan produktivitas di berbagai aspek. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject Evaluasi Strategi en_US
dc.subject Strategi Pertumbuhan, Kinerja
dc.subject Kinerja
dc.title Evaluasi strategi pertumbuhan terhadap kinerja PT. Sritex, Tbk. en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2013120094
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0408026002
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account