dc.description.abstract |
Bisnis event organizer sendiri bukanlah hal yang baru dalam dunia bisnis, ada banyak perusahaan yang menekuni dunia ini mulai dari acara pernikahan, acara untuk perusahaan nasional atau multi-national, hingga acara pribadi yang menggunakan jasa event organizer. PT. Hasta Triyasa Humaniora merupakan perusahaan yang menjalankan bisnisnya di bidang jasa desain serta konsultan untuk desain grafis, desain interior & arsitektur namun selama 5 tahun ke belakang salah satu cara untuk mempromosikan produk-produk yang mereka jual yaitu dengan membuat event. Seiring berjalannya waktu, beberapa orang beranggapan bahwa PT. Hasta Triyasa Humaniora merupakan perusahaan jasa event organizer. Melihat kesempatan itu Chief Executive Officer (CEO) PT. Hasta Triyasa Humaniora membuat sub bisnis unit baru, yang diberi nama HTH Experience, yang berfokus pada pemberian jasa pembuatan konsep sebuah event, pengembangan konten sebuah event serta jasa mengorganisir sebuah event. Beberapa investor tertarik untuk memodali sebuah event atau event organizer dengan pemaparan model bisnis yang baik. Hal ini menunjukkan apabila sebuah model bisnis dari bisnis jasa event organizer menguntungkan bagi investor, maka investor pun ingin berinvestasi. Penulis tertarik untuk melakukan penelitian untuk membantu owner meyakinkan calon investornya.
Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor kunci kesuksesan pada bisnis jasa event organizer, SWOT yang dimiliki HTH Experience, serta membuat model bisnis kanvas yang dapat berguna dalam implementasi perencanaan HTH Experience.
Penulis menggunakan jenis penelitian tindakan. Data yang diperoleh merupakan hasil observasi dan wawancara secara langsung dengan pelaku bisnis-bisnis jasa event organizer lain, owner dari PT. Hasta Triyasa Humaniora, CEO PT. Hasta Triyasa Humaniora, serta General Manager HTH Experience. Penulis akan mengidentifikasi faktor-faktor kunci kesuksesan pada bisnis jasa event organizer, lalu selanjutnya akan menganalisis SWOT dan melakukan perancangan model bisnis kanvas untuk HTH Experience.
Dari penelitian ini diketahui bahwa faktor-faktor kunci kesuksesan industri bisnis jasa event organizer terdiri atas kreativitas & inovasi, pengalaman yang baik dalam menjalankan sebuah jenis acara, komunikasi yang baik, struktur organisasi yang baik, kepercayaan, kesabaran, kedisiplinan & keseriusan. Melalui analisis SWOT, rancangan model bisnis serta data penganggaran yang sudah diolah oleh peneliti, diketahui apabila bisnis ini dijalankan dengan baik maka HTH Experience akan mendapatkan keuntungan bersih sebesar Rp. 3.319.317.423,00. Keunggulan bersaing paling utama dari HTH Experience adalah selalu memberikan pengalaman yang baru dari sebuah event yang dijalankannya seperti penggunaan lokasi event yang jarang atau bahkan belum pernah ada yang pakai sama sekali dan juga konten-konten dari event yang unik.
Penulis memberikan saran agar HTH Experience selalu melakukan peningkatan pada pengembangan ide-ide baru untuk konsep hingga dekorasi sebuah event, pelatihan pegawai serta bench-marking ke event lain agar menjaga positioning PT. Hasta Triyasa Humaniora dan juga HTH Experience sehingga HTH Experience sendiri terus dapat bersaing dalam industrinya. Mempelajari dan mulai mengerjakan jenis event lain agar memiliki pengalaman & penghasilan yang lebih banyak. |
en_US |