Abstract:
Perkembangan industri kuliner di Indonesia semakin pesat setiap tahunnya,
termasuk di Kota Depok. B’jo Grilled Cheese and Coffee merupakan salah satu coffee
shop yang beroperasi sejak Januari 2019 di Kecamatan Cinere – Kota Depok.
Pertumbuhan industri kuliner yang meningkat mengakibatkan tingginya persaingan coffee
shop di Kota Depok. Agar coffee shop mampu bersaing dalam industri kuliner, maka
dibutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Saat ini B’jo Grilled Cheese and Coffee belum
memiliki target pasar yang jelas dan belum memiliki strategi pemasaran. Hal tersebut
menjadi faktor belum tercapainya omzet penjualan B’jo Grilled Cheese and Coffee. Oleh
karena itu, B’jo Grilled Cheese and Coffee perlu menentukan target pasar dan merancang
strategi pemasaran agar mampu menghadapi persaingan yang ketat.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil riset pasar dalam
menentukan target pasar bagi B’jo Grilled Cheese and Coffee, dan didapatkan usulan
strategi pemasaran yang mampu meningkatkan omzet B’jo Grilled Cheese and Coffee.
Agar mampu mencapai tujuan tersebut dilakukan beberapa tahapan pada penelitian ini.
Tahapan-tahapan tersebut berupa mengidentifikasi masalah, eksplorasi faktor eksternal
dan internal, menentukan target pasar menggunakan metode STP, serta dilakukan
perancangan usulan strategi pemasaran menggunakan marketing mix 7P.
Berdasarkan hasil riset pasar dalam menentukan target pasar didapatkan target
pasar utama bagi B’jo Grilled Cheese and Coffee adalah segmentasi pasar hangout yang
terdiri dari penduduk menengah keatas berusia 18-30 tahun berdomisili di Kota Depok
dan sekitarnya. Kemudian didapatkan hasil marketing mix 7P berupa usulan strategi
pemasaran untuk mencapai target pasar dan diharapkan dapat membantu B’jo Grilled
Cheese and Coffee untuk mencapai target omzet penjualan. Usulan strategi pemasaran
yang diberikan adalah dengan melakukan promosi melalui media sosial dan mengikuti
festival atau bazzar makanan di daerah sekitar B’jo Grilled Cheese and Coffee.