Pengembangan kategori dan indikator pengetahuan dan sikap pada panduan penerapan Sekolah Siaga Bencana-LIPI

Show simple item record

dc.contributor.advisor Setiawan, Theresita Herni
dc.contributor.author Salim, Gregorio Hernando
dc.date.accessioned 2020-05-10T23:30:48Z
dc.date.available 2020-05-10T23:30:48Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39429
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10856
dc.description 6519 - FTS en_US
dc.description.abstract Bencana alam merupakan fenomena alam yang berdampak negatif bagi manusia dan lingkun gan, namun jika dipersiapkan dengan baik dampak tersebut dapat dikurangi. Hal ini terbukti dari negara-negara yang memiliki pedoman manajemen bencana yang baik. Sekolah merupakan salah satu yang terkena dampak besar akibat ketidakpahaman siswa dalam menghadapi bencana. Panduan Penerapan Sekolah Siaga Bencana (LIPI) dibuat dengan tujuan sekolah-sekolah di Indonesia aman bencana namun belum memiliki kategori Pengetahuan dan Sikap yang spesifik dan dapat dijadikan acuan. Oleh karena itu, pengembangan pada Panduan Penerapan Sekolah Siaga Bencana perlu dilakukan. Pengembangan instrument Pengetahuan dan Sikap dilakukan dengan mengkaji literatur dan standar -standar lain yang berhubungan. Setelah proses validasi dilakukan, pengembangan intrumen menghasilkan 3 sub-kategori yang akan di bobotkan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) berdasarkan pendapat para ahli dalam kesiapsiagaan bencana dan pencegahan bencana. Hasil dari pembobotan tersebut adalah Prosedur Tetap sebesar 33%; Pengetahuan tentang Bencana dan Penanggulangan Bencana sebesar 43%; dan Akses Pengetahuan tentang Bencana dan Penanggulangan Bencana sebesar 24% en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik - UNPAR en_US
dc.subject kesiapsiagaan en_US
dc.subject pengetahuan dan sikap en_US
dc.subject sekolah en_US
dc.subject bencana alam en_US
dc.subject panduan penerapan sekolah siaga bencana en_US
dc.title Pengembangan kategori dan indikator pengetahuan dan sikap pada panduan penerapan Sekolah Siaga Bencana-LIPI en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2014410140
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416046802
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0412017609
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI610#Teknik Sipil


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account