Analisis pengaruh kepercayaan merk (brand trust) terhadap loyalitas merk (brand loyalty) pada Bus Maya Gapura Intan (MGI) Bandung-Sukabumi

Show simple item record

dc.contributor.advisor Adriani, Leokadia Retno
dc.contributor.author Anindya, Pully Nur
dc.date.accessioned 2017-03-21T04:54:56Z
dc.date.available 2017-03-21T04:54:56Z
dc.date.issued 2017
dc.identifier.other skp33619
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/1083
dc.description 22391 - FE
dc.description.abstract Kebutuhan masyarakat terhadap kendaraan bermotor saat ini semakin meningkat. Masyarakat yang tidak memiliki kendaraan pribadi tentu membutuhkan jasa transportasi umum. Bus merupakan salah satu transportasi umum yang sering digunakan oleh masyarakat terutama untuk perjalanan yang cukup jauh. Salah satu bus yang cukup dikenal adalah bus Maya Gapura Intan (MGI), terutama untuk rute Bandung-Sukabumi. Isu negatif yang tersebar mengenai bus Maya Gapura Intan (MGI) tidak membuat konsumen dari bus Maya Gapura Intan (MGI) beralih untuk menggunakan bus lainnya. Konsumen bus Maya Gapura Intan (MGI) tetap menggunakan bus tersebut dikarenakan adanya kepercayaan. Hal itu yang membuat konsumen tetap loyal terhadap bus Maya Gapura Intan (MGI). Penulis tertarik untuk mengetahui bagaimana pengaruh kepercayaan merek terhadap loyalitas merek pada bus Maya Gapura Intan (MGI). Kepercayaan merek menurut Lau dan Lee (1999:344-351) “trust in a brand as a consumer’s willingness to rely on the brand in the face of risk because of expectations that the brand will cause positive outcomes.” Loyalitas merek menurut Lau dan Lee (2000:351): “brand loyalty as behavioral intention to buy a brand of product and to encourage others to buy that brand.” Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksplanatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, dengan jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 100 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan melakukan observasi, wawancara, kuesioner dan literature survei. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi linier sederhana. Dari hasil pengolahan data, sebagian besar menunjukkan hasil yang positif pada setiap dimensi kepercayaan merek (brand trust) dan juga loyalitas merek (brand loyalty). Terdapat hubungan yang kuat antara variabel X dengan variabel Y, dengan hasil koefisien korelasi sebesar 0,611. Pengaruh kepercayaan merek (brand trust) terhadap loyalitas merek (brand loyalty) adalah 37,3% dan sisanya sebanyak 62,7% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain. Saran yang diberikan untuk bus Maya Gapura Intan (MGI) Bandung-Sukabumi agar menindaklanjuti isu-isu negatif lainnya yang dapat merugikan pihak bus, sehingga kepercayaan konsumen terhadap merek bus Maya Gapura Intan (MGI) Bandung-Sukabumi dapat meningkat. en_US
dc.publisher Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi - UNPAR en_US
dc.subject kepercayaan merek en_US
dc.subject loyalitas merek en_US
dc.title Analisis pengaruh kepercayaan merk (brand trust) terhadap loyalitas merk (brand loyalty) pada Bus Maya Gapura Intan (MGI) Bandung-Sukabumi en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2010120212
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0409125801
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI603#Manajemen


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account