Abstract:
Aither merupakan toko fesyen online yang menggunakan Instagram sebagai
platform untuk menjual produk mereka. Setelah lima bulan beroperasi, penjualan Aither
cenderung tidak mencapai target. Berdasarkan wawancara yang dilakukan dengan pemilik
Aither, hal ini dikarenakan karena kurangnya niat beli dari konsumen pada Aither. Oleh
karena itu Aither ingin merubah basis toko online mereka di Instagram menjadi Instagram
Shop (social commerce) yang dinilai dapat meningkatkan niat beli pada target pasar
mereka.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi
niat beli konsumen pada social commerce. Berdasarkan literatur yang menjadi acuan pada
penelitian ini, terdapat dua variabel yang mempengaruhi niat beli di social commerce serta
tiga hipotesis. Dua variabel itu adalah social commerce constructs yang memiliki tiga
dimensi yaitu reviews & ratings, forums & communities, dan recommendation & referrals,
serta trust. Kemudian dilakukan penyusunan dan penyebaran kuesoner. Sebanyak 128
data responden didapatkan dan diolah dengan menggunakan metode PLS-SEM.
Penelitian ini menggunakan metode PLS-SEM untuk mengevaluasi model pengukuran
untuk mendapatkan indikator-indikator yang valid dan reliabel, dan mengevaluasi juga
model struktural untuk melihat variabel mana yang berpengaruh dengan niat beli.
Hasil dari penelitian ini menunjukan variabel laten social commerce constructs
dan trust mempengaruhi niat beli. Berdasarkan faktor-faktor yang mempengaruhi niat beli
terdapat tujuh usulan yang diberikan, dan diterima oleh pemilik Aither yang terbagi menjadi
dua kategori yaitu konten pemasaran dan program promosi.