Amazing Thailand sebagai Nation Branding Thailand dalam mempromosikan industri pariwisata nasional terhadap wisatawan Australia (2015-2019)

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Ayna, Nabila Nurul
dc.date.accessioned 2020-05-06T06:14:34Z
dc.date.available 2020-05-06T06:14:34Z
dc.date.issued 2019
dc.identifier.other skp39377
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10810
dc.description 9204 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh inisiatif Pemerintah Thailand dalam melakukan nation branding melalui perantara Amazing Thailand sebagai kampanye pariwisata, khususnya untuk mempromosikan industri pariwisata Thailand terhadap wisatawan Australia. Mengingat dalam kurun waktu tertentu, jumlah kedatangan wisatawan Australia ke Thailand mengalami penurunan. Melihat fenomena tersebut, maka rumusan penelitian ini sebagai berikut “Bagaimana Strategi Nation Branding Thailand dalam melakukan pemerataan sektor pariwisata nasional terhadap Wisatawan Australia?” Untuk menjawab pertanyaan penelitian tersebut, penulis menggunakan teori Nation Branding oleh Keith Dinnie serta Simon Anholt, terutama tiga pilar utama dalam nation branding yaitu Brand Positioning, Brand Identity, Brand Image dan satu taktik nation branding yaitu pendekatan terpusat untuk mendukung penelitian ini. Penulis menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis metode deskriptif dan teknik pengumpulan data studi kepustakaan. Berdasarkan hasil penelitian, penulis menemukan bahwa Thailand melakukan nation branding melalui Amazing Thailand terhadap wisatawan Australia dengan memanfaatkan tiga pilar utama nation branding sebagai bentuk strategi dalam melakukan pemerataan sektor pariwisata dan menurunkannya kepada TAT’s Marketing Plan 2015 dan 2nd National Development Plan sebagai brand positioning, Makna logo kampanye sebagai brand identity, dan penyebaran citra positif Thailand sebagai brand image. Serta pendekatan terpusat melalui program 35th Thailand Tourism Festivals, Women’s Journey Thailand 2017, The Amazing Thailand Roadshow in Australia, Songkran Festival dan Brisbane Thai Festival. Strategi tersebut sejalan dengan kepentingan nasional Thailand khususnya untuk mempromosikan kepercayaan internasional dalam dan menyebarkan citra positif. Dengan ini, dapat dikatakan Thailand telah melakukan nation branding melalui program Amazing Thailand untuk mempromosikan destinasi wisata baru dan menjadikan wisatawan Australia sebagai repeat visitors oleh Pemerintah Thailand. en_US
dc.language.iso Indonesia en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject Amazing Thailand en_US
dc.subject Nation Branding en_US
dc.subject Pariwisata en_US
dc.subject Thailand en_US
dc.subject Wisatawan Australia en_US
dc.title Amazing Thailand sebagai Nation Branding Thailand dalam mempromosikan industri pariwisata nasional terhadap wisatawan Australia (2015-2019) en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016330050
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account