Twitter and its influence on the UNICEF #ENDviolence campaign

Show simple item record

dc.contributor.advisor Martha, Jessica
dc.contributor.author Puspita, Priscilla
dc.date.accessioned 2020-05-06T04:42:16Z
dc.date.available 2020-05-06T04:42:16Z
dc.date.issued 2020
dc.identifier.other skp39404
dc.identifier.uri http://hdl.handle.net/123456789/10800
dc.description 9231 - FISIP en_US
dc.description.abstract Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kampanye yang diciptakan oleh organisasi internasional yaitu UNICEF, yang dipromosikan melalui bentuk media baru. Dibandingkan dengan promosi kampanye yang bersifat konvensional, UNICEF mengadvokasikan kampanyenya melalui Twitter, dan hal ini dianggap berhasil dalam kasus kampanye #ENDviolence. Dengan demikian, penelitian ini berupaya menjawab pertanyaan penelitian “bagaimana UNICEF menggunakan Twitter untuk meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai isu kekerasan terhadap anak melalui kampanye #ENDviolence?”. Dengan menggunakan konsep New Media, New Power, serta Virtual Community, penelitian ini berupaya memberikan penjelasan mengenai bagaimana Twitter mampu mengglobalisasikan kampanye #ENDviolence melalui metode “new power”, yang menghasilkan pembentukkan “virtual community”, dengan tujuan mengakhiri kekerasan terhadap anak. Komunitas itu sendiri dihasilkan dari pengguna Twitter yang menggunakan tagar #ENDviolence, serta tagar lain yang terkait. Dengan demikian, Twittar dianggap sebagai salah satu aspek penting dalam penyebaran kampanye #ENDviolence. sebagai media yang memfasilitasi penyebaran informasi mengenai kekerasan terhadap anak, sesuai dengan advokasi UNICEF. Maka, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini menemukan adanya peningkatan kesadaran terkait kampanye #ENDviolence yang sangat dipengaruhi oleh kontribusi Twitter, sejalan dengan konsep yang digunakan. Selain itu, terlihat bahwa organisasi internasional telah menggunakan metode kampanye bersifat online untuk mencapai target mereka, dan dalam kasus UNICEF, metode baru ini telah menguntungkan organisasi dalam berbagai hal. en_US
dc.language.iso en en_US
dc.publisher Program Studi Ilmu Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik - UNPAR en_US
dc.subject #ENDviolence en_US
dc.subject UNICEF en_US
dc.subject Twitter en_US
dc.subject kampanye en_US
dc.subject media sosial en_US
dc.title Twitter and its influence on the UNICEF #ENDviolence campaign en_US
dc.type Undergraduate Theses en_US
dc.identifier.nim/npm NPM2016330162
dc.identifier.nidn/nidk NIDN0416039201
dc.identifier.kodeprodi KODEPRODI609#Ilmu Hubungan Internasional


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search UNPAR-IR


Advanced Search

Browse

My Account