Abstract:
Keberadaan internet dan media sosial telah merubah gaya bersosialisasi masyarakat. YouTube merupakan salah satu media komunikasi pemasaran dikalangan generasi muda saat ini, sehingga kekuatan media komunikasi berganti dari komunikasi word of mouth menjadi komunikasi electronic word of mouth. Dengan adanya hubungan influencer dengan konsumen saat ini, menjadikan beauty influencer review sebagai electronic of mouth bagi para pengikutnya. Oleh karena itu, komunikasi pemasaran ini menjadi salah satu strategi untuk menarik konsumen dan memenangkan pasar. Oleh sebab itu, penulis melakukan penelitian untuk menganalisis pengaruh beauty influencer review di YouTube sebagai e-WOM terhadap niat beli produk kosmetik PIXY. Data penelitian ini diperoleh dengan melakukan survei melalui penyebaran kuesioner kepada 100 responden dan diolah menggunakan program SPSS dengan uji regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai koefisien korelasi antara electronic word of mouth dan niat beli konsumen adalah sebesar 0.736. Hal ini berarti korelasi yang ada berada ditaraf kuat. Hasil uji determinasi juga menunjukan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan positif dari electronic word of mouth terhadap niat beli konsumen yang ditunjukan dengan koefisien determinasi sebesar 54.1%. Berdasarkan hasil tabel peringkat tanggapan responden terhadap kuesioner, terdapat 3 hal yang perlu diperhatikan PIXY untuk meningkatkan niat beli, diantaranya: 1) banyaknya tanggapan positif beauty influencer terkait keunggulan produk, 2) sering ditemukannya video review produk kosmetik PIXY oleh beauty influencer di YouTube, 3) adanya pengetahuan mengenai harga produk PIXY dari video review beauty influencer di YouTube.