Abstract:
Tujuan penulis melakukan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana proses strategi inovasi produk pupuk NPK yang dilakukan oleh PT. PUPUK KUJANG Cikampek dan bagaimana pengaruh produksi produk dan pemasaran produk bisa berpengaruh untuk pasar. Strategi produk adalah segala sesuatu yang dapat memenuhi atau memuaskan kebutuhan atau keinginan manusia, baik yang berwujud maupun yang tidak berwujud, dapat berupa barang, jasa, maupun ide. Dengan didukung oleh inovasi produk yang dimana inovasi yang digunakan dalam keseluruhan operasi perusahaan dimana sebuah produk baru diciptakan, dikembangkan dan dipasarkan, termasuk inovasi di segala proses fungsionil/ kegunaannya.
PT Pupuk Kujang didirikan pada tanggal 9 Juni 1975. Perusahaan sendiri bergerak pada bidang produksi dan pemasaran pupuk Di Indonesia. Perusahaan PUPUK KUJANG sendiri memiliki beragam macam produk pupuk organic dan anorganik dari segi produk retail, non subsidi dan subsidi. Jenis penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang didukung dengan teknik analisis data Kualitatif, yang dimana untuk mendapatkan fakta dan bukti atas masalah yang ada secara sistematis dan faktual. Model penelitian yang digunakan adalah yaitu (1) analisis mengenai produk, (2) penentuan strategi inovasi produk, (3) perancangan strategi produk, (4) pembahasan keseluruhan strategi yang diterapkan dan (5) kesimpulan dan hasil analisis strategi produk pupuk NPK.
Hasil dari penelitian ini adalah bagaimana perusahaan menggunakan strategi internal dan eksternal perusaahaan dan penerapan tujuan Inovasi strategi produk pupuk NPK. Analisis eksternal dan internal produk NPK perusahaan PUPUK KUJANG yang didasarkan pada analisis PEST dan Five Forces Model dan SWOT. Kekuatan yang dimiliki oleh perusahaan adalah mempunyai produk pupuk NPK dengan manfaat yang berbeda-beda, seperti produk NPK ditawarkan tidak hanya untuk tanaman pertanian dan perkebunan saja, tetapi bisa digunakan untuk tanaman indsutri sehingga daya minat pasar bisa meningkat akan inovasi tersebut. Dilihat dari segi kualitas produk maupun pelayanan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen dan petani, perusahaan dengan tingkat penjualan pupuk NPK yang terus konsisten meningkat, menerapkan sistem sosialisasi pada petani dan konsumen yang nantinya bukan hanya edukasi yang diberikan tetapi juga relasi akan loyalitas akan terlahir. Hasil ini membuktikan dengan melakukan strategi inovasi terhadap pengembangan produk NPK menghasilkan respon yang positif dari konsumen, petani, re-seller, distributor dan masyarakat lainnya dan khususnya untuk di pasar konsentrasi yang mereka tuju di Indonesia.