Abstract:
PT. Selnet Optima Trikarsa Mas Nusantara merupakan perusahaan yang bergerak di industri telekomunikasi. Perusahaan berkomitmen untuk mewujudkan suatu moto bersama dengan kualitas pelayanan terbaik. Salah satu hal yang menjadi point penting dalam mewujudkan tujuan perusahaan adalah dengan menjaga kualitas sumber daya manusia nya. Saat ini PT. Selnet Optima Trikarsa Mas Nusantara membutuhkan sistem penilaian kinerja karyawan nya agar dapat memberikan pelayanan terbaik bagi customer nya. Sistem penilaian kinerja tersebut dirancang untuk pekerjaan yang ada di back office dan juga di lapangan yang berhubungan dengan pemesanan sampai dengan suatu project selesai dikerjakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif analitis. Penelitian ini diawali dengan melakukan analisa analisa Porter’s 5 Forces untuk memahami situasi dari bisnis yang sedang dijalankan serta mengetahui keunggulan posisi kompetisi saat ini dan yang akan dihadapi kemudian. Untuk menggambarkan proses sistem penilaian kinerja karyawan diperlukan Business Process Model and Notation (BPMN). Rancangan sistem penilaian kinerja karyawan ini mampu mencatat segala sesuatu yang terjadi, mulai dari durasi waktu, standard yang diminta oleh customer, hingga kesalahan dan kecelakaan kerja yang terjadi saat pelaksanaan project. Kemudian dibuat informasi agar management dapat menilai dan memantau kinerja dari setiap orang untuk bagian masing-masing.