Abstract:
Dalam manajemen sumber daya manusia langkah pertama yang perlu dilakukan sebuah organisasi adalah melakukan proses rekrutmen. Untuk mendapatkan sumber daya manusia yang sesuai dengan kebutuhan organisasi maka proses rekrutmen harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin. Setelah proses rekrutmen maka dibutuhkan proses seleksi untuk mendapatkan sumber daya manusia terbaik yang akan mengisi organisasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses rekrutmen dan seleksi, serta sejauh mana efektivitas proses rekrutmen dan seleksi di PT Setia Kawan Prima. PT Setia Kawan Prima adalah perusahaan di Indonesia yang menyediakan jaringan toko buku dan grosir sejak tahun 1973. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif analisis dan mengunakan metode penelitian survei. Pengumpulan data menggunakan wawancara langsung dan studi dokumen-dokumen pendukung. Hasil dari penelitian ini adalah proses rekrutmen dan seleksi yang dilakukan PT Setia Kawan Prima yang dilakukan sudah baik dan tepat, karena dalam pelaksanaan proses rekrutmen dan seleksi sudah menggunakan langkah-langkah yang tepat, dimulai dari penentuan jabatan kosong, dilanjutkan dengan penentuan persyaratan jabatan, lalu penentuan metode dan sumber rekrutmen. Proses selanjutnya adalah proses seleksi, proses seleksi diawali dengan penerimaan pendahuluan, dilanjutkan dengan wawancara, performance test dan diakhiri dengan keputusan penerimaan. Langkah yang dilakukan dalam proses seleksi memiliki tujuan untuk mendapatkan calon tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Proses rekrutmen dan seleksi dianggap berhasil karena jumlah pelamar mampu melebihi target, dari target sebanyak 10 orang dalam satu iklan lamaran, perusahaan mampu mendapatkan 20-25 orang pelamar, dan hasil akhir dari proses seleksi perusahaan mampu mendapatkan tenaga kerja yang sesuai dengan kualifikasi yang dibutuhkan. Dari hasil penelitian ini perlu dilakukan beberapa saran untuk perbaikan agar proses rekrutmen dan seleksi dapat berjalan lebih efektif yaitu dengan merencanakan proses rekrutmen dan seleksi dengan matang, lalu menggunakan media iklan yang lebih menarik, memberikan informasi yang lebih jelas di dalam iklan yang disebarkan, dan memberikan tambahan materi tes dan wawancara untuk menggali informasi yang lebih mendalam dari pelamar