Abstract:
Sektor ekonomi kreatif merupakan sektor unggulan dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Sektor ekonomi kreatif didukung dengan beberapa indikator yaitu memanfaatkan teknologi tepat guna, berskala kecil dan memanfaatkan sumber daya yang ada. Sektor ekonomi kreatif merupakan salah satu penggerak perekonomian sebab dapat mengurangi pengangguran dan meningkatkan jumlah tenaga kerja. Salah satu penggerak pada sektor ini adalah UMKM. UMKM dinyatakan sebagai penopang pertumbuhan ekonomi paling besar. Salah satu daerah yang tinggi UMKM di Bandung adalah Cibaduyut sebagai Pusat Sentra Sepatu Cibaduyut. Cibaduyut merupakan daerah yang dibangun dari sejarah usaha keluarga berbasis home industry untuk pembuatan sepatu. Salah satunya yaitu usaha pembuatan sepatu yang ada adalah Linda Shoes yang sudah berdiri sejak 29 tahun.
Penelitian yang dilakukan oleh peneliti bersifat deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Peneliti menggunakan Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan studi dokumen. Peneliti telah mengolah data yang didapatkan dengan menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal. Analisis internal menggunakan pendekatan empat fungsi internal yaitu pemasaran, sumber daya manusia, keuangan, dan operasional. Dari hasil tersebut kemudian dapat terlihat bagaimana efektivitas dari strategi yang telah digunakan oleh Linda Shoes selama ini. Setelah itu, kemudian peneliti melakukan analisis eksternal, dengan menggunakan analisis PESTEL dan Porter’s 5 Forces. Setelah peneliti menganalisis data tersebut, kemudian dirumuskan SWOT dari Linda Shoes.
Hasil penelitian menunjukan bahwa strategi fokus yang diterapkan oleh Linda Shoes kurang efektif. Hal tersebut didukung dengan pendapatan kotor dalam tiga bulan terjadi fluktiatif yang sangat signifikan. Peneliti menyarankan untuk Linda Shoes agar dapat mengembangkan usahanya dengan terfokus pada model fokus business to business.