Abstract:
Persaingan usaha Coffee Shop di Kota Bandung memiliki potensi untuk berkembang sesuai dengan tren pada saat ini. Namun, harus diperhatikan desain interior, eksterior, fasilitas, serta sumber daya manusia yang tersedia di dalam usaha tersebut apakah mendukung atau tidak, terutama dalam hal inovasi yang dapat mentransformasi input menjadi ouput atau dapat menciptakan perubahan besar dalam hubungan antara nilai guna dan harga yang ditawarkan kepada konsumen dan/atau pengguna, komunitas, sosietas, lingkungan.
Peneliti menggunakan jenis penelitian deskriptif analitis dengan metode penelitian studi kasus, dengan cara mengambil masalah atau memusatkan perhatian kepada masalah-masalah sebagaimana adanya saat penelitian dilaksanakan, hasil penelitian yang kemudian diolah dan dianalisis untuk diambil kesimpulannya. Data atas objek penelitian di teliti melalui wawancara dan pengamatan. Data dianalisis dengan menggunakan Rantai Nilai Inovasi dan Radar Inovasi Bisnis.
Hasil penelitian ini berupa inovasi yang dilakukan oleh Kedai Kopi Roemah mBah dan akan terwujud pada akhir tahun 2019 dengan harapan menjadikan suatu inovasi yang efektif dengan menekankan tingkat aktivitas rantai nilai inovasi, penggalian ide, pengembangan ide, serta penyebaran ide ke pihak dalam dan lingkungan luar perusahaan dalam bentuk perwujudan faktor-faktor yang ada di dalam jenis dimensi radar inovasi bisnis serta proses perusahaan dalam mendapatkan ide, dan jaringan antar pihak luar, yaitu Inovasi penambahan fasilitas Angkringan dan Live Vintage Music.