Abstract:
Perkembangan industri kreatif terus meningkat dari tahun ke tahun maka diperlukan suatu produk inovatif yang dapat turut membantu mengembangkan industri kreatif. Di Indonesia setahun dua kali terdapat dua hari raya yang sangat penting yaitu lebaran dan natal. Setiap ada hari raya tersebut sebagian besar masyarakat memiliki tradisi untuk saling mengirimkan hadiah sebagai bentuk ucapan selamat hari raya. Penelitian awal menunjukan kesulitan dari responden untuk menemukan box yang unik yang dapat memenuhi keinginan mereka.
Pengembangan ide bisnis dilakukan dengan menggunakan model Design Thinking dimulai dari tahap empathize, define, ideate, prototype, dan Test untuk memberikan solusi Box terbaik bagi pengguna. Pengembangan strategi bisnis dilakukan dengan menggunakan BMC. Kuesioner digunakan untuk mengetahui tanggapan pengguna pada tahap uji coba produk.
Bisnis yang dibangun oleh penulis diberi nama Valioso Box yang bergerak dibidang bisnis jasa penyediaan kemasan box. Target pasar yang dituju semula adalah individu. Namun, dalam perjalanan Valioso Box mendapatkan pesanan juga dari perusahaan/corporate. Strategi marketing yang dipakai menggunakan media social Instagram @Valioso Box. Saat ini masih belum memiliki pegawai, pengerjaan proses produksi dilakukan melalui makloon kepada pihak ketiga. Permodalan berasal dari pribadi, selama uji coba diperoleh kinerja keuangan yang positif. ROI yang didapat adalah sebesar 92% artinya ide membuat kemasan box ini layak untuk dijalankan. Masih terdapat perbaikan yang harus dilakukan yaitu menyangkut waktu penyelesaian pembuatan box.
Untuk selanjutnya penulis berharap dapat mengembangkan bisnis ini dan lebih memfokuskan pada target pasar perusahaan/corporate.